Landmark Lapangan dr Murdjani Jadi Tempat Wisata dan Edukasi

  • Whatsapp
Landmark Lapangan dr Murdjani Jadi Tempat Wisata dan Edukasi
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Lapangan dr Murdjani bisa dikatakan sebagai alun-alunnya kota Banjarbaru. Lokasinya tepat berada dengan Balaikota, merupakan lapangan dengan multi fungsi.

Kadang sebagai tempat upacara, dihari yang lain berubah menjadi arena balap Road Race, tempat digelarnya event berskala lokal maupun nasional seperti pameran Banjarbaru Fair, pameran Book Fair, dan lainnya.

Read More

Setelah sekian lama, akhirnya landmark lapangan Murdjani dibangun oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Banjarbaru. Landmark lapangan Murdjani didesain dengan akuarium dan beberapa tanaman yang menghiasi wajah baru Kota Banjarbaru.

“Saat ini sudah tahap penyelesaian dan netralisir bak akuarium dengan cacahan batang pohon pisang untuk menghilangkan racun-racun yang masih menempel di dinding akuarium,” ujar Kepala Bidang Pertamanan Pemakaman dan PJU Disperkim Kota Banjarbaru, Sartono.

 

Landmark Lapangan dr Murdjani Jadi Tempat Wisata dan Edukasi
Kepala Bidang Pertamanan Pemakaman dan PJU Disperkim Kota Banjarbaru, Sartono.

Sartono mengatakan, pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH) dan menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarbaru.

Selain akuarium, bola-bola beton yang terdapat di depan landmark berfungsi sebagai hiasan, juga bisa jadi tempat bersantai atau duduk menemani wisatawan berswafoto juga sebagai pembatas jarak antara akuarium dengan pengunjung.

“Landmark ini tidak sekedar untuk berswafoto, tapi juga dalam rangka edukasi bagi anak dan masyarakat yang berkunjung untuk mengenalkan ikan endemik Kalimantan dan beberapa ikan hias yang akan mengisi ketujuh sekat akuarium tersebut,” tambahnya.

Sartono menerangky, nantinya di akuarium yang memiliki tujuh sekat itu akan diberikan informasi-informasi tentang ikan yang ada di dalam akuarium tersebut.

Ia berharap dengan adanya landmark ini bisa menjadi tempat refreshing masyarakat Banjarbaru serta sebagai penguat identitas lapangan Murdjani itu sendiri.

“Kami juga menyiapkan petugas khusus untuk merawat dan menangani akuarium tersebut, baik kebersihan maupun kesehatan ikan itu sendiri,” tutupnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *