Lagi Viral, Ini 5 Variasi Dalgona Coffee di Tengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Waktu Baca : 5 menit

Banjarbaruklik – Siapa yang tidak kenal dengan minuman satu ini, Dalgona coffee jadi tren minuman di tengah pandemi Covid-19. Menambah kegiatan saat dirumah saja banyak ide menarik berbagai orang membuat kreasi dengan beragam rasa.

Dalgona coffee merupakan minuman berbahan dasar kopi, susu, dan gula yang tengah tren saat ini. Awalnya kopi ini viral di Korea Selatan.

Read More

Nama dalgona coffee ini diambil dari camilan tradisional korea yaitu permen dalgona. Karena warna serta teksturnya mirip dengan permen tersebut, maka minuman ini diberi nama dalgona coffee.

Cara membuatnya sangat mudah. Untuk menghasilkan tekstur minuman kopi yang berbusa, harus dikocok berkali-kali. Bisa menggunakan sendok, garpu, pengocok telur manual, mixer, bahkan bisa dengan saringan teh.

Selain menggunakan kopi hitam, netizen di media sosial pun membuat beragam rasa berbeda. Seperti menggunakan bubuk matcha, menambahkan boba, cokelat, bahkan rempah-rempah.

1. Bubuk Matcha

Matcha terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Terbuat dari daun teh murni yang dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk. Berwarna hijau dan rasanya pahit.

Matcha bukan hal baru lagi di dunia kuliner selain dijadikan minuman yang menyehatkan. Matcha banyak dikreasikan menjadi resep minuman kekinian. Biasa juga dicampurkan pada makanan atau camilan.

matcha digunakan untuk campuran dalgona coffee yang sedang viral tersebut. Kopi hitam digantikan dengan matcha. Proses pembuatannya tetap sama dengan cara menambahkan susu, krimer, es batu, dan tuangkan matcha ke layer paling atas.

2. Ekstrak Vanilla

Ekstrak vanilla banyak digunakan untuk menambah cita rasa serta aroma yang nikmat pada makanan atau minuman. Biasanya ekstrak vanila ditambahkan saat membuat kue, pancake, puding, dan berbagai macam olahan. Ekstrak vanilla ini tersedia dalam bentuk cair maupun bubuk.

Memiliki aroma yang kuat akan terasa enak saat dicampur ke dalam minuman. Membuatnya sangat mudah dengan menambahkan ekstrak vanilla ke dalam dalgona coffee yang sudah jadi.

Caranya yaitu dengan menambahkan 1/2 sdm ekstrak vanilla, sedikit garam dan sedikit tepung jagung untuk menambah kekentalan. Kemudian campuran tersebut dikocok sampai menghasilkan tekstur dalgona coffee sesuai keinginan. Kemudian dituangkan ke dalam gelas yang telah diberi susu dan es batu.

3. Topping Boba

Boba merupakan topping minuman yang sangat populer bahkan mendunia. Biasanya dijadikan topping minuman milktea maupun milk brown sugar. Sampai saat ini boba pun masih jadi minuman yang digemari.

Dalgona coffee yang dibuat dari kopi hitam instan, gula, krimer, susu, dan es batu ini rasanya sangat creamy dengn tekstur lembut busa dari kopi yang dikocok cukup lama menambah kenikmatan tersendiri. Apalagi diminum dalam kondisi dingin dan ditambahkan boba tentu menambah sensasi tersendiri.

Jika kamu pecinta boba, tak ada salahnya untuk menambahkannya dalam dalgona coffee buatanmu. Tinggal tambahkan boba diatas dalgona Coffee yang sudah kamu buat.

4. Bubuk Cokelat

Bubuk cokelat juga bisa digunakan untuk tambahan pada kue, puding, atau minuman. Bubuk cokelat ini rasanya pahit karena tidak mengandung gula sedikit pun. Jika kamu tidak bisa meminum kopi, bisa digantikan dengan bubuk cokelat untuk jadi alternatif.

Proses pembuatannya tetap sama dengan menambahkan gula, dan air panas. Lalu diaduk hingga cokelat bertekstur berbusa.

Jika tidak memiliki bubuk cokelat murni, kamu bisa menggantinya dengan produk susu bubuk atau sejenisnya. Rasanya tak kalah nikmat dan bagi pecinta cokelat pasti akan menyukainya. Rasa manis dan creamy susu serta krimer akan menambahkan kenikmatan.

5. Rempah

Rempah-rempah yang sangat laku dipasaran ditengah pandemi Covid-19 selain untuk membuat minuman herbal atau jamu juga banyak digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Bisa juga dijadikan sebagai campuran untuk minuman dengan aroma yang kuat dam khas. Contoh rempah yang bisa ditambahkan adalah kayu manis dan jahe.

Penambahan rempah seperti kayu manis dan jahe pada minumanmu akan memberikan efek yang lebih menyehatkan. Kayu manis dan jahe ini juga enak ditambahkan pada dalgona coffee.

Dengn menambahkan bubuk kayu manis dan jahe ke dalam racikan dalgona coffee buatannya. Bahan utamanya tetap kopi hitam, setelah itu dikocok bersama bubuk kayu manis dan jahe. Setelah mengental dan berbusa, tuangkan ke dalam gelas yang berisi susu dan es batu. Dalgona coffee dengan aksen rempah pun siap untuk dinikmati. (adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *