Kurangi Risiko Banjir, PUPR Bangun Embung dan Normalisasi Sungai

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Pemerintah Kota Banjarbaru terus berusaha mengurangi potensi terjadi banjir di wilayahnya.

Melalui Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Banjarbaru pada tahun 2023 akan membangun embung guna atasi banjir.

Read More

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Subrianto, kepasa Banjarbaruklik.com, Kamis (19/1/2023).

“Embung Gunung Kupang akan dibangun tahun 2023 ini. Kami sudah melakukan pengadaan tanah pada tahun 2022 lalu,” ucap Subri.

Pihaknya telah menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS). Dalam pembangunan fisik embung menelan biaya sebesar Rp 4,6 miliar.

“Insya Allah berkas kami sudan siap. Kalau tidak ada halangan, pertengahan bulan Februari kami sudah menyerahkan berkas ke ULP untuk dilakukan pengadaan atau pelelangan,” tambahnya.

Masih kata Subri, Embung dibangun pada lahan seluas 3,6 hektar. Sedangkan luasan embung sendiri sekitar 2,6   hektar.

“Kapasitas embung yakni 132000 m³ (meter kubik) air,” kata Subri.

Nantinya embung akan dilengkapi check dam (bendungan kecil). Fungsinya menurunkan kecepatan air, menahan lumpur bekas galian embung, dan menghindari endapan sedimentasi. Hasilnya embung tersaring.

Tidak hanya membangun embung. Pihaknya dalam tahun ini juga akan menormalisasi 4 sungai yang ada di Banjarbaru.

“Normalisasi Sungai Kuranji sekitar 300 meter, Sungai Karet 500 meter,  Sungai Guntung Manggis 300 dan Sungai Sumba di Guntung Payung sepanjang 200 meter,” rincinya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *