KPU Banjarbaru Memastikan Jadwal Kampanye Pemilu 2024 Tidak Diatur, Peserta Bebas Melaksanakan Kampanye

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru mengumumkan bahwa jadwal kampanye untuk Pemilihan Umum 2024 tidak akan diatur secara khusus. (foto:dok/Banjarbaruklik)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru mengumumkan bahwa jadwal kampanye untuk Pemilihan Umum 2024 tidak akan diatur secara khusus. Keputusan ini memungkinkan peserta pemilu untuk dengan bebas dan fleksibel melaksanakan kegiatan kampanye sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ketua KPU Banjarbaru, Rozy Maulana, mengungkapkan hal ini setelah Deklarasi Pemilu Damai di Lapangan dr. Murdjani Banjarbaru pada Selasa (28/11/2023) pagi. Hasil rapat pleno yang melibatkan lima komisioner KPU Banjarbaru pada Jumat (24/11/2023) memutuskan untuk tidak membuat jadwal kampanye.

Read More

Rozy menjelaskan bahwa pertimbangan utama untuk keputusan ini adalah tidak adanya perintah yang mengharuskan KPU Banjarbaru untuk membuat jadwal kampanye. Dengan demikian, tanggung jawab penentuan jadwal kembali kepada peserta Pemilu 2024.

Pertimbangan lainnya adalah bahwa KPU Kalimantan Selatan (Kalsel) dan KPU kabupaten/kota lainnya di Kalsel juga tidak menjadwalkan kampanye untuk peserta Pemilu 2024. Keputusan ini memungkinkan peserta pemilu untuk mengatur kampanye mereka sendiri, dengan asumsi bahwa mereka memiliki izin yang diperlukan.

Rozy menegaskan bahwa keputusan ini tidak menghapus kebutuhan untuk jadwal pada kegiatan kampanye tertentu, seperti rapat umum. Rapat umum perlu dijadwalkan dan lokasinya ditetapkan untuk menghindari tabrakan dengan kegiatan kampanye dari peserta lainnya.

Meskipun tidak ada jadwal kampanye yang ditetapkan, peserta Pemilu 2024 diharapkan untuk mendapatkan izin dari kepolisian jika mereka berencana untuk melaksanakan kegiatan kampanye pada hari yang sama dengan peserta lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengelola potensi kerumunan dan memastikan keberlangsungan kampanye yang aman.

Keputusan KPU Banjarbaru ini memberikan fleksibilitas kepada peserta pemilu untuk merencanakan dan melaksanakan kampanye mereka sesuai dengan dinamika dan kebutuhan lokal.

Reporter : Ahdalena
Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *