Komnas Disabilitas RI ke Banjarbaru, Ini Kata Walikota

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Pemerintah Kota Banjarbaru mendapat kunjungan dari Komisi Nasional Disabilitas RI di Ruang Tamu Utama Walikota Banjarbaru, Senin (30/05/2022).

Komnas Disabilitas adalah lembaga negara yang independen dan non struktural yang langsung bertanggung jawab ke Presiden dan baru dilantik langsung oleh Presiden pada tanggal 1 Desember 2021.

Keberadaan mereka adalah sebagai perwujudan dari Amanat UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Ditugaskan untuk melakukan pemantauan, evaluasi dan advokasi atas penghormatan dan perlindungan hak penyandang disabilitas di Indonesia.

Sebelum berkunjung ke Pemko Banjarbaru, Komnas Disabilitas RI terlebih dahulu telah berkunjung ke Kantor Gubernur Kalimantan Selatan.

Tujuan mereka berkunjung ke Kota Banjarbaru adalah untuk bersama-sama mendorong semua stakeholder termasuk pemerintah daerah untuk mewujudkan Indonesia yang inklusi, mengharus utamakan isu disabilitas.

“Pemerintah Kota Banjarbaru berkomitmen untuk bersinergi dan berkolaborasi terkait dari realisasi UU Nomor 8 tersebut, tapi memang harus bertahap karena dana Kota Banjarbaru masih terbatas,” ujar Walikota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin SH MH.

Program Kota Banjarbaru yang sudah berjalan terkait penyandang disabilitas dan tidak mampu yaitu mendapat bantuan makanan siap saji setiap hari dan mendapat sembako setiap satu bulan sekali, dan sudah ada sekitar 200 orang penyandang disabilitas yang mendapatkan program tersebut.

“Di Kota Banjarbaru sendiri sudah mempunyai rumah disabilitas, ada di Jalan Trikora. Setiap satu bulan sekali kami juga berkunjung untuk mengevaluasi dan memberikan pelatihan-pelatihan usaha dan lainnya,” tuntasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.