Kloter 17 Mendarat di Madinah

Waktu Baca : 2 menit
PELAYANAN: Petugas saat menggendong salah seorang jemaah lansia Kloter BDJ 17 menaiki pesawat yang akan berangkat ke Jeddah, kemarin.

Banjarbaruklik – Ratusan Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Banjarmasin Kloter 17, kemarin sore diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Syamsudin Noor.

Berbeda dengan kloter lain yang diberangkatkan pada gelombang II, rombongan yang diisi jemaah dari Tanah Laut dan Banjarmasin ini tidak mendarat di Jeddah. Melainkan di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Hal itu dikarenakan Kloter BDJ 17 tidak dapat slot pendaratan di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Read More

“Ada dua kloter yang tidak dapat slot di Jeddah. Selain Kloter BDJ 17, juga Kloter BDJ 19,” kata Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Kalsel, Hidayaturrahman.

Dia mengungkapkan, kedua rombongan itu tidak dapat slot di Jeddah karena merupakan kloter tambahan di Embarkasi Banjarmasin. Sehingga, terlambat terdaftar di Jeddah.

“Tapi tidak masalah mendarat di Madinah. Sebab, dari Madinah ‘kan bisa naik bus ke Makkah. Hanya saja perlu waktu hingga lima jam,” ungkapnya.

Disinggung mengenai kondisi para jemaah yang ada di Makkah, Dayat menyampaikan, masih ada tiga jemaah yang terbaring sakit. Yakni, Mahmudah Hadi, 56, dari Kloter BDJ 03 yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) An Nur karena menderita anemia.

Serta, Muri Saputra Muhammad, 79, dari Kloter BDJ 06 menderita penurunan kadar gula dan Aisyah Basuni, 53, dari Kloter BDJ 09 mengalami dyspepsia (gangguan pencernaan) yang sama-sama dirawat di KKHI Makkah.

Sedangkan, perkembangan aktivitas jemaah di Makkah, dia menuturkan saat ini sebagian besar jemaah sudah melaksanakan umrah wajib. Sehingga, mulai bersiap-siap untuk menghadapi puncak ibadah haji di Arafah, Mudzalifah, dan Mina (Armuzna).

Sementara itu untuk proses pemberangkatan jemaah calon haji dari Embarkasi Banjarmasin, setelah diberangkatkannya Kloter BDJ 17 kemarin, langsung masuk para jemaah dari Kloter BDJ 18. “Kloter 18 rencananya berangkat besok (hari ini) pagi,” ucapnya.

Dengan diberangkannya JCH kloter 18, maka jemaah calon haji dari Embarkasi Banjarmasin yang belum berangkat hanya tersisa satu kloter. Yakni, Kloter BDJ 19. (*)

Sumber : prokal.co

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.