Ketua Komisi III DPRD Banjarbaru Pertanyakan Kelanjutan Kajian Mitigasi Banjir Cempaka

Waktu Baca : < 1 menit

Banjarbaruklik – Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarbaru, Emi Lasari, mempertanyakan kelanjutan kajian mitigasi banjir di Cempaka yang seharusnya selesai pada tahun 2023. Hingga saat ini, belum ada kabar terbaru terkait kajian tersebut untuk mengatasi persoalan banjir di Cempaka.

“Kami mempertanyakan kenapa sampai saat ini belum menerima Master Plan mitigasi banjir yang dianggarkan tahun 2023. Harusnya sudah diserahkan, justru kabarnya malah ada revisi, baru selesai kok direvisi lagi,” jelas Emi.

Read More

Emi menjelaskan bahwa kajian ini merupakan salah satu rekomendasi dari hasil kajian yang digarap Dinas PUPR dan diekspos di Kelurahan Cempaka bersama Komisi III tahun lalu. “Kenapa terjadi perubahan rencana untuk mitigasi banjir yang tidak sesuai dengan rekomendasi kajian yang dilakukan,” tambahnya.

Menurut Emi, awalnya rencana mitigasi banjir termasuk pembuatan sodetan dari muka Madrasah Miftahul Khairiah menuju Danau Purun.

Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Fadliansyah Akbar, juga menyampaikan kritik terhadap Dinas PUPR, menilai mereka kurang konsisten dalam penanganan banjir. “Perencanaan dan pelaksanaan harus beriringan, kalau dalam perencanaan awal sodetan, kenapa harus dibangun yang lain,” cetusnya.

Fadliansyah menegaskan pentingnya eksekusi yang baik untuk menghindari penyempitan aliran sungai di Cempaka. “Kalau tidak dieksekusi dengan baik, pasti tetap banjir,” tegasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *