Kesadaran Masyarakat Masih Kurang, Banyak Sampah Menggenang di Sepanjang Sungai Kemuning Banjarbaru

Waktu Baca : 2 menit
SAMPAH : Aliran Sungai Kemuning terlihat kotor. Disepanjang sungai ini terlihat banyak sampah 

Banjarbaruklik – Kesadaran masyarakat di wilayah Kota Banjarbaru untuk tidak membuang sampah ke sungai masih belum berjalan dengan baik.

Hal ini terbukti dengan masih banyaknya sampah yang terlihat di sepanjang aliran Sungai Kemuning khususnya dibawah Jembatan Kembar Loktabat Jalan A Yani Km 33 Kota Banjarbaru.

Read More

Apalagi, debit air Sungai Kemuning menyusut dan dangkal saat musim kemarau ini. Sehingga semakin terlihat sampah-sampah yang berada di Sungai Kemunging.

Selasa (27/8) terpantau di kawasan sungai kemuning terlihat jelas berbagai jenis sampah-sampah. Seperti bungkusan plastik, makanan maupun sampah lainnya.

Bahkan tampak seperti bungkusan yang sengaja dibuang ke sungai karena bentuk sampahnya terbungkus plastik

“Aliran air memang surut sehingga sampahnya terlihat dari atas jembatan. Sehingga mengurangi estetika aliran sungai di tengah kota Banjarbaru,” kata Warga Banjarbaru, Ronaldi.

Disebutkan warga Guntung Manggis ini, adanya sampah-sampah itu menjadi Sungai Kemuning yang sudah ditata oleh Pemko Banjarbaru terlihat kotor.

“Kalau untuk pendangkalan sungai memang tidak bisa dihindari karena musim kemarau. Mungkin kesadaran warga membuang sampah ke sungai belum semua baik,” tambahnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarbaru Sirajoni mengatakan
faktor dangkalnya sungai tak bisa dihindari.

Meski begitu, pihaknya mengaku jika selama ini kebersihan sungai kemuning selalu dimaksimalkan dan diakomodir meski SDM petugas kebersihannya terbatas.

“Akan segera kita turunkan Tim untuk membersihkan sampah-sampah di Sungai Kemuning itu,” katanya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat kota Banjarbaru khususnya yang berada di kawasan Sungai Kemuning agar tidak membuang sampah ke sungai.

Dijelaskannya bahwa lokasi yang sering terjadi penumpukan sampah terjadi di hilirnya sungai Kemuning. Jadi sampah yang dari hulu menumpuk di sana, apalagi ketika air sungai dangkal saat musim kemarau ini.

Soal pencegahan sebenarnya sudah dilakukan pihaknya. Selain sosialisasi tentang larangan membuang sampah ke Sungai. Spanduk atau papan imbauan telah disebar di beberapa titik rawan, termasuk di kawasan sungai kemuning.(*)

sumber : tribunnews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.