KEREN…! Inilah Daftar 30 Objek Wisata Andalan Kota Banjarbaru

  • Whatsapp
Waktu Baca : 9 menit
Peta Wisata Kota Banjarbaru

Banjarbaruklik – Kota Banjarbaru yang memiliki luas separuh Kota Jakarta ini menawarkan banyak hiburan. Sebagai kota pelayanan, Banjarbaru saat ini sudah banyak berubah, salah satunya perubahan besar di sektor pariwisata. Tidak tanggung-tanggung, kota yang berdiri 20 April 1999 ini memiliki 30 objek wisata andalan hingga tahun 2019 ini. Berikut daftar 30 destinasi wisata andalan Kota Banjarbaru.

Read More

1. Danau Kota Citra (Liang anggang)
Wisata air dengan dapur apung, kolam pemancingan dan danau yang indah dengan miniature merlion sebagai salah satu pilihan favorit objek latar photo. Danau kota citra merupakan destinasi wisata yang menenangkan. Tepat dikunjungi pada sore hari.
2. Aquatic Water Park (Guntung manggis)
Wisata air dengan aneka wahana yang tepat dikunjungi untuk bersantai bersama keluarga. Tersedia 3 jenis kolam untuk balita, anak anak dan dewasa.
3. Masjid Agung Al Munawwarah (Guntung manggis)
Lokasi ibadah terbesar di Banjarbaru dengan kapasitas ribuan Jemaah. Memiliki ruang terbuka hijau islami yang dilengkapi bundaran cantik ditanami bunga warna warni, sangat asri dan indah.
4. Kebun Raya Banua (Palam)
Wahana konservasi alam sekaligus tempat kawasan wisata dan lingkungan. Diproyeksi menjadi wahana wisata lingkungan terbesar, terluas dan terlengkap di Kalimantan, menjadi tempat pengembangan dan perlindungan tanaman hias daerah seperti pohon kayu ulin (E. zwageri)
5. Kampung Pejabat (Loktabat Selatan)
Kampung pengolah dan penjual jamu di loktabat (Pejabat). Kawasan dengan eksterioir unik, tepat untuk mengisi waktu luang untuk sekedar swafoto seraya minum jamu. Menyediakan aneka ramuan yang berkhasiat untuk kesehatan.
6. Kolam Renang Idaman (Loktabat Selatan)
Kolam renang yang dibangun pada tahun 1990 ini menjadi wadah olahraga dan rekreasi kesayangan masyarakat banjarbaru. Lokasi strategis di tengah kota, harga tiket masuk yang murah, dan fasilitas yang menunjang, kola mini selalu dikunjungi. Digunakan pula untuk penyelenggaraan acara sosial.
7. Pumpung – Pendulangan Intan (Sungai Tiung)
Lokasi penjualan dan pendulangan intan yang diolah secara tradisional. Ditetapkan sebagai kawasan wisata pendulangan intan sejak tahun 90an.
8. Amanah Borneo Park (Palam)
Tempat rekreasi yang sangat lengkap. Berbagai wahana ada disini, mulai dari wahana outbond, wisata air, hingga area tematik seperti taman lalu lintas, taman kelinci dan wisata buah dan sayuran.
9. Bekantan Park (Guntung Manggis)
Taman yang dirancang untuk pendidikan dan rekreasi keluarga. Menyediakan informasi tentang habitat bekantan. Tersedia fasilitas outbond, kebun binatang dan banyak spot swafoto.
10. Danau Biru (Sungai Tiung)
Bekas galian tambang pasir yang membentuk sebuah danau berwarna biru yang sangat indah. Banyak warga yang memanfaatkannya untuk bersantai di akhir pecan atau di musim liburan.
11. Lapangan Murjani (Loktabat Utara)
Lapangan murjani merupakan pusat keramaian utama di Banjarbaru. Digunakan untuk kegiatan pemerintahan, tempat digelarnya kegiatan kegiatan social seperti bazar, festival dan merupakan daerah wisata kuliner serta hiburan di malam hari.
12. Kampung Iwak (Loktabat Utara)
Fasilitas yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Banjarbaru. Lokasi kuliner kolam pemancingan dan merupakan kawasan budidaya ikan air tawar. Tersedia pula makanan olahan berbahan dasar ikan.
13. Rumah Pohon (Sungai Tiung)
Rumah pohon adalah tempat wisata dan bermain bersama keluarga. Sesuai namanya pengunjung bisa melihat pemandangan dari rumah rumah di atas pohon. Dengan suasana sejuk dan rindang dikelilingi pepohonan hijau, wahana outbond dan permainan serta banyak lokasi untuk swafoto.
14. Kampung Purun (Palam)
Purun merupakan jenis tumbuhan rumput yang hidup liar di sekitar rawa diolah menjadi kerajinan tangan oleh masyarakatnya, perkampungan ini menjadi ikon banjarbaru dalam keterampilan pewarnaan dan penganyaman purun.
15. Kampung Sayur (Landasan Ulin Utara)
Pusat sayuran di banjarbaru. Kampung sayur menjadi wadah bagi pembeli dari luar kota dan dari daerah dapat membeli langsung kepada petani dengan kualitas sayuran yang segar.
16. Kampung Herbal (Sungai Ulin)
Kawasan penanaman herbal yang dilakukan untuk edukasi tentang pentingnya tanaman obat dan upaya meningkatkan ekonomi masyarakat secara mandiri dan upaya meningkatkanb ekonomi masyarakat secara mandiri dengan tanaman obat-obatan.

17. Taman Sakura (Guntung Manggis)
Taman sakura adalah taman terbuka di sekitar masjid agung al munawwarah. Vegetasu rumput luaas denan rimbun pohon dan penataan objek geometri yang tepat membuat taman ini selalu ramai dikunjungi tiap hari.
18. Taman Pintar (Loktabat Utara)
Taman tematik yang mengusung konsep ruang terbuka untuk belajar. Menarik, ada wahana yang disebut “misbar”. Sebuah bioskop rakyat bergaya outdoor yang sangat popular pada masanya.
19. Hutan Pinus (Komet)
Hutan wiasata terdekat dari pusat kota banjarbaru. Hutan homogeny yang tenang dan rindang. Cocok untik lokasi bersantai mengisi waktu siang menjelang sore.
20. Museum Lambung Mangkurat (Komet)
Museum ini menunjukan sejarah perkembangan dan adat istiadat masyrakat banjar. Keberadaan museum dapat memberikan informasi bersifat edukatif tentang sejarah dan kebudayaan local.
21. Danau Galuh Cempaka (Palam)
Wisata alam buatan yang sebelumnya adalah bekas area pertambangan intan. Ketika kemudian pertambangan tak lagi beroprasi. Terbentuklah danau dengan pemandangan matahari yang luar biasa ini
22. Danau Seran (Guntung Manggis)
Danau dengan pulau di tengahnya. Danau seran dikenal juga dengan airnya yang selalu jernih dan berubah warna menyesuaikan kondisi cuaca, berwarna biru kadang hijau berkilau
23. Taman Van Der Pijl (Loktabat Utara)
Taman yang menjadi ikon banjarbaru. Dinamakan taman van der pijl seperti nama arsitek pembuatnya, dirk andries williem van der pijl, merupakan taman jantung kota yang memiliki daya Tarik khas berupa tower sasirangan
24. Menara 33 (Loktabat selatan)
Adalah menara pandang yang membelah sungai kemuning. Berada di km. 33 banjarbaru, sehingga dinamakan menara 33. Merupakan ruang terbuka hijau dengan aksen sungai sebagai daya tariknya
25. Q Waterpark (Komet)
Satu lagi wisata air di banjarbaru. Terintegerasi dengan mall, merupakan pusat hiburan terpadu untuk keluarga. Lokasi yang dekat dengan pusat kota menjadi nilai tambahnya.
26. Mess “L” (Komet)
Sesuai dengan namanya. Bangunan ini berbentuk L capital. Bangunan bersejarah yang kini menjadi wadah pagelaran seni budaya dan sentra kerajinan di banjarbaru
27. Q Mall (Komet)
Pusat perbelanjaan dan hiburan terbesar di banjarbaru. Menawarkan ragam kuliner, hiburan, trend an gaya hidup masyrakat perkotaan.
28. Kampung Pelangi (Guntung Paikat)
Kampung dengan rumah warna warni yang berada di sepanjang aliran sungai kemuning. Dilengkapi dengan fitness outdoor untuk berolahraga santai. Juga merupakan lokasi pemancingan bagi masyarakat sebagai hiburan.
29. Danau Caramin (Guntung Manggis)
Danau Caramin menawarkan keindahan yang sangat menawan yakni panorama eksotik berupa danau biru yang luas dikelilingi hutan galam.
30. Meek Farm (Guntung Manggis
Agrowisata durian. Tersedia aneka durian hingga 600 jenis. Termasuk durian local yang berbeda sensasinya jika dinikmati langsung dari kebunnya.
Berikut Event Banjarbaru 2019
1
PANGLIMA BATUR STREET FESTIVAL
6-7 APRIL
JL PANGLIMA BATUR TIMUR
2
BANJARBARU GREAT SALE
6 APRIL – 6 MEI
LAPANGAN MURJANI
3
HARI JADI KOTA BANJARBARU
20 APRIL
LAPANGAN MURJANI
4
BANJARBARU FAIR
20 APRIL
LAPANGAN MURJANI
5
FUN RACE XC-VII
21 APRIL
GOR RUDY RESNAWAN
6
LOMBA DAN PAMERAN BURUNG BERKICAU
28 APRIL
STADION MINI HAJI IDAK
7
FESTIVAL BADAMARAN
24 MEI
CEMPAKA
8
HARI TARI DUNIA
MEI
KAWASAN MINGGU RAYA
9
PASAR KUE RAMADHAN
1 RAMADHAN
SAMPING KOLAM RENANG IDAMAN
10
TADARUS PUISI
25 MEI
KAWASAN MINGGU RAYA
11
HAUL AKBAR SYARIFAH BADRUN
3 JULI
SUNGAI TIUNG CEMPAKA
12
BANJARBARU ETHNO FESTIVAL
JULI
LAPANGAN MURJANI
13
BAZAAR UMKM
JULI
14
PEMILIHAN NANAG GALUN 2019
JULI
HOTEL RODHITA
15
BANJARBARU AGRO FESTIVAL
AGUSTUS
LAPANGAN MURJANI
16
ADVENTURE TRAIL 2019
15 JUNI, 21 JULI, 10 AGT, 21 SEPT
17
FESTIVAL BUDAYA ISLAMI
1 SEPTEMBER
CEMPAKA
18
BANJARBARU LIGHT FESTIVAL
OKTOBER
LAPANGAN MURJANI
19
BA AYUN MULUD
23 NOVEMBER
CEMPAKA
20
MURJANI BANJARBARU FESTIVAL
13-15 DESEMBER
LAPANGAN MURJANI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *