Kenaikan Harga Pangan Global, Indonesia Hadapi Defisit Stok

Presiden Jokowi Luncurkan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahun 2023.(Foto : jawapos.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dalam menghadapi situasi kenaikan harga pangan yang berlaku secara global, Indonesia tengah berupaya keras untuk memenuhi kebutuhan stok pangannya. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapanas) RI, Arief Prasetyo Adi, mengungkapkan bahwa kondisi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga dirasakan oleh seluruh negara di dunia.

Dalam sebuah wawancara dengan PRO3 RRI pada Selasa (27/2/2024), Arief Prasetyo Adi menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengadakan rapat sidang paripurna kabinet bersama seluruh menteri dan lembaga-lembaga terkait untuk membahas masalah ini secara serius. Presiden Jokowi memberikan arahan khusus kepada lembaga dan kementerian terkait untuk segera menyiapkan stok pangan, mengingat Indonesia mengalami defisit produksi dan konsumsi pangan sekitar 2,8 juta dalam dua bulan terakhir.

Read More

Lebih lanjut, Arief mengakui bahwa Indonesia saat ini terpaksa melakukan importasi beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Langkah ini diambil sebagai upaya pemerintah dalam menjaga ketersediaan pangan nasional, meskipun secara ideal, ketergantungan pada importasi bukanlah hal yang diharapkan.

Di sisi lain, Arief merasa bersyukur karena pemerintah berhasil menjaga inflasi di Indonesia, dengan ekonomi yang stabil tumbuh sebesar 5,05 persen per tahun dan inflasi yang terjaga pada angka 2,57 persen. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah berusaha keras untuk menjaga daya beli masyarakat dengan kunci utama adalah meningkatkan produksi dalam negeri.

Kenaikan harga pangan global menjadi tantangan besar bagi Indonesia dalam memastikan ketersediaan stok pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi dan inflasi menjadi langkah penting dalam menghadapi situasi ini.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *