Kemenag Balangan Survei Harga Beras, Siapkan Nilai Zakat Fitrah 1444 H

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Menjelang penetapan zakat fitrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan melalui Penyelenggara Zakat Wakaf H. Syaipullah, S.Ag., M.H bersama-sama pihak terkait melakukan survei harga beras di pasaran, beberapa waktu lalu.

Syaipullah mengatakan, survei dilakukan untuk menentukan besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan oleh masyarakat Kab. Balangan menjelang hari raya Idulfitri 1444 H.

Read More

“Harga beras ditetapkan menurut kulitas dan besaran yang harus dibayar menurut konsumsi beras oleh masyarakat Balangan,” ujarnya, Senin (20/3/2023).

Syaifullah menerangkan, bahwa zakat fitrah yang wajib dibayarkan umat muslim sebesar 2,5 kilogram, dalam bentuk beras dengan kualitas minimal sama yang dimakan sehari-hari atau uang dengan besaran yang ditetapkan sesuai harga beras berlaku di pasaran.

“Penetapan standar zakat fitrah untuk Kabupaten Balangan dilakukan setelah memperhatikan harga beras di pasaran, mulai dari harga beras tertinggi hingga terendah di Pasar Paringin,” tambahnya.

Survei harga beras dilakukan dengan mendatangi lima toko besar yang ada di pasar yang masing-masing pemiliknya dapat bekerja sama dengan baik saat ditanya tentang harga beras yang ada di toko mereka. (Balangan/toeb

“Harga beras kita akui memang mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan kisaran satu bulan yang lalu. Inilah pentingnya melaksanakan survey untuk mengetahui harga rata-rata agar bisa dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Kadar Zakat Fitrah 1444 H yang insyaallah akan kami keluarkan sebelum bulan Ramadan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Syaipullah menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas dari BAZNAS Kab. Balangan, MUI Kab. Balangan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Balangan, perwakilan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), penyuluh serta pengawas madrasah yang ikut mendampingi dalam proses survei harga beras di pasaran.

“Terima kasih kami sampaikan atas kerja sama seluruh tim yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, semoga apa yang sudah kita lakukan bermanfaat untuk ummat,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *