Jelang Haul Akbar, Pelaku Ekonomi Kreatif Mulai Dagangkan Produknya

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Menjelang pelaksanaan peringatan haul akbar ke 18 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) di kediaman Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor (Paman Birin), pada 26 Januari mendatang, sejumlah pelaku ekonomi kreatif mulai bermunculan untuk menjual produknya.

Mereka hadir ditepi Jalan Kertak Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, yang nantinya menjadi salah satu jalan yang dilalui oleh jemaah haul, Sabtu (21/1/2023).

Read More

Sebut saja Sayyid Muhammad Yusuf Bahasyim yang sejak beberapa hari terakhir sudah mulai beraktivitas menjual dagangan berupa baju kaos bertuliskan para pencinta Abah Guru Sekumpul, minyak wangi serta dupa.

“Ulun (saya) mulai jualan baju mulai tahun 1997 di Sekumpul “Toko Bersama” itu yang jual figura, hari ini jualan disini, barangnya satu toko ini,” ujar dia.

Menurutnya, jualan seperti ini acap kali digelar di berbagai lokasi di tiap kegiatan keagamaan lainnya, dengan mengajak teman dua hingga tiga orang.

“Jualannya di acara salawat akbar juga, ngajak teman yang tak ada gawian (pekerjaan),” ucap dia.

Berbagai baju dengan corak warna dan ukuran mulai anak-anak hingga dewasa disiapkan, dengan harga bervariasi mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu perlembarnya.

“Beberapa hari ini pendapatan kita masih minim, kita akan jualan sampai acara di rumah Paman Birin usai,” tutup dia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *