Jaga Kelestarian Daerah Aliran Sungai Banjarbaru

Waktu Baca : 3 menit
PARTISIPASI: PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) bersama dengan Pemerintah Kota Banjarbaru dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru menggelar aksi bersama kegiatan konservasi wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Banjarbaru, Jumat (20/9).

Banjarbaruklik – Sejalan dengan salah satu misi perusahaan, yakni menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) bersama dengan Pemerintah Kota Banjarbaru dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru menggelar aksi bersama kegiatan konservasi wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Banjarbaru, Jumat (20/9).

Kegiatan tersebut merupakan kontribusi nyata PLN UIW Kalselteng terhadap kelestarian lingkungan, khususnya sungai. Selain itu kegiatan yang dilakukan bersama belasan komunitas penggiat lingkungan di Banjarbaru ini menjadi bentuk partisipasi aktif dalam Pekan Kerja Nyata Nasional, Gerakan Indonesia Bersih.

Read More

Senior Manager Distribusi PLN UIW Kalselteng, Reny Wahyu Setiaswan menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan PLN sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah kota Banjarbaru dalam menjaga kebersihan sepanjang bantaran sungai di Kota Banjarbaru, khususnya Sungai Kemuning dan Sungai Citra Galuh Banjarbaru.

“Mungkin yang kami lakukan hari ini merupakan kegiatan kecil, namun kami berharap dapat memberikan inspirasi bagi perusahaan lain serta warga Banjarbaru dan sekitarnya untuk terus menjaga kelestarian fungsi sungai,” ujarnya.

Menurutnya sungai merupakan salah satu citra suatu kota, jika sungai bersih maka itu akan mencerminkan semua sudut yang ada di kota tersebut. Maka dari itu PLN ingin berartisipasi dalam menjaga citra baik kota Banjarbaru dengan cara bersama-sama merawat Daerah Aliran Sungai di Kota Banjarbaru.

“Dalam momen hari ini kami juga memberikan bantuan peralatan kebersihaan dan alat pelindung diri (APD) yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan petugas kebersihan kota Banjarbaru. Kami harap dengan tambahan peralatan kebersihan dan APD ini dapat menunjang pekerjaan petugas kebersihan kota Banjarbaru, terutama dengan APD agar petugas lebih aman saat bekerja,” ujarnya.

Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani mengucapkan terima kasih kepada PLN yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan konservasi wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Banjarbaru, ia mengatakan untuk menjaga kelestarian DAS dibutuhkan partisipasi seluruh pihak, baik dari masyarakat hingga instansi pemerintahan dan swasta.

“Terima kasih PLN atas inisiatif yang sudah ditunjukkan untuk berpartisipasi dalam melestarikan DAS di Kota Banjarbaru. Keberhasilan program kebersihan sungai ini sangat tergantung keaktifan seluruh pihak, dan hari ini salah satunya telah ditunjukkan oleh PLN,” ujarnya.

Nadjmi menambahkan bahwa aksi bersih-bersih sungai merupakan program Pemerintah Kota Banjarbaru yang rutin dilaksanakan dalam rangka pelestarian sungai sekaligus menjaga kebersihan sepanjang bantaran sungai, program bersih-bersih sungai yang dicanangkan sejalan program kerja nasional sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 35 tahun 1995. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.