Jaga Gula Darah Stabil, Simak Tujuh Makanan Ini

Orang dengan diabetes perlu mengontrol kadar gula darah dengan pola hidup sehat.(Foto : kompas)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Keseimbangan kadar gula darah sangat dipengaruhi oleh jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Sebaliknya, ada makanan yang dapat membantu menurunkan gula darah dan menjaga kestabilannya. Makanan-makanan ini umumnya kaya akan serat, protein, dan karbohidrat kompleks.

Berikut adalah beberapa makanan yang dikenal mampu menurunkan gula darah dan menjaga kestabilannya:

Read More

1. Brokoli

Brokoli kaya akan sulforaphane, senyawa dengan efek antidiabetes yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan demikian, brokoli membantu tubuh memproses gula lebih efektif dan menurunkan kadar gula darah serta penanda stres oksidatif.

2. Labu

Labu dan bijinya mengandung polisakarida, jenis karbohidrat yang dapat menurunkan dan mengatur kadar gula darah. Biji labu juga mengandung lemak sehat dan protein yang membantu menjaga kestabilan gula darah.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang polong dan kacang tanah, kaya akan protein, serat, dan karbohidrat kompleks. Nutrisi ini membantu menjaga kestabilan gula darah dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

4. Biji Chia

Biji chia terbukti menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting untuk mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes.

5. Buah Beri

Buah beri, seperti stroberi, blackberry, dan blueberry, mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang membantu menjaga kestabilan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

6. Makanan Laut

Ikan dan kerang mengandung protein, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang dapat menurunkan gula darah. Protein dalam makanan laut memperlambat pencernaan, membuat tubuh kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan berlebih.

7. Telur

Telur adalah sumber protein tinggi yang dapat memperlambat penyerapan gula dalam sistem pencernaan. Selain itu, telur mengandung vitamin, lemak sehat, mineral, dan antioksidan yang membantu menjaga kestabilan gula darah.

Mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, serta menghindari komplikasi akibat gula darah tinggi.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *