ITS Mandiri di Kabupaten Balangan Siap Menjadi Universitas Pertama di Banua Anam

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik  – Sektor pendidikan memegang peran krusial dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia, yang menjadi tolok ukur keberhasilan suatu negara atau daerah. Di Kabupaten Balangan, Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITS Mandiri) siap bertransformasi menjadi universitas pertama di Banua Anam, dengan langkah awal ditandai oleh kegiatan visitasi dari tim assessor Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristekdikti) pada Jumat (29/6/2024).

Kegiatan visitasi ini merupakan validasi lapangan terkait penggabungan ITS Mandiri dengan Akademi Gizi Singkawang yang akan bertransformasi menjadi Universitas Sapta Mandiri (Unsama) yang berlokasi di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Read More

Slametno, Ketua Yayasan Sapta Bakti Pendidikan yang menaungi ITS Mandiri, menyatakan bahwa Unsama nantinya akan memiliki empat program studi (prodi) baru di luar penggabungan.

“Prodi baru yang ada di Universitas Sapta Mandiri adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S1 Teknik Sipil, S1 Hukum, dan S1 Manajemen. Ini diluar dari prodi ITS Mandiri yang sudah ada yaitu S1 Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer, serta dari Akademi Gizi dengan D3 Gizi,” paparnya.

Slametno menambahkan bahwa transformasi ITS Mandiri menjadi universitas didasari oleh kebutuhan untuk menyediakan akses pendidikan yang lebih merata di Banua Anam.

“Hal utama yang mendasari kami menggaet Akademi Gizi menjadi universitas adalah agar masyarakat di Banua Anam, secara umum dan Balangan khususnya, dapat mengakses perguruan tinggi yang berkualitas setara dengan yang ada di luar daerah. Ini juga sebagai sarana untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Balangan,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor ITS Mandiri, Abdul Hamid, menyatakan bahwa pihaknya telah siap dari segi sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana untuk menjadi universitas.

“Kami telah menyiapkan SDM mulai dari para dosen, tenaga pendidik, hingga sarana dan prasarana pendukung. Kami juga sudah menyiapkan lahan dan saat ini sedang dalam tahap pembangunan gedung baru untuk menjadi universitas. Kami siap menjadi penyokong pendidikan di gerbang utama IKN,” jelasnya.

Kegiatan visitasi ini mencakup tiga aspek utama yaitu legalitas, hukum, dan keuangan yang merupakan landasan dasar penetapan izin universitas dari Kemendikbudristekdikti. Transformasi ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi akses dan kualitas pendidikan di Banua Anam serta mendukung pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik di Kabupaten Balangan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *