Isu Kurang Nyaman Beredar di Media Sosial, BPBD Angkat Bicara

Waktu Baca : 2 menit
BERI PERNYATAAN – Kalak BPBD Banjarbaru, Suryanoor Akhmad, berikan peryataan kepada awak media Banjarbaru, Selasa (24/9) siang.

Banjarbaruklik – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Banjarbaru, diterpa isu kurang nyaman diakhir September 2019 ini. Terkait penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pangayuan, Lianganggang, Banjarbaru.

Isu sempat beredar melalui akun media sosial Facebook. Hal ini langsung ditanggapi oleh Kepala Pelaksana (Kalak) Suryanoor Akhmad. Dirinya membantah terkait informasi yang tidak mendasar di salah satu akun media sosial Facebook tersebut.

Read More

“Kami membantah adanya informasi di media sosial, yang menyebutkan BPBD tidak membantu Damkar swasta dalam penanganan Karhutla di Pengayuan Liang Anggan itu,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik.com, Selasa (24/9) siang.

Dia menjelaskan, selama ini BPBD Banjarbaru bersama TNI, POLRI, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Kota telah tersebar dan melakukan pemadaman titik Karhutla di Kota Banjarbaru.

“Seluruh personel kami yang berjumlah 50 orang personel juga diturunkan kelapangan. Berbaur dengan para BOK dan personel TNI Polri lainnya,”jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah bekerja sama dengan belasan BPK Swasta di Kota Banjarbaru. Bahkan pembagian tugas zonasi untuk pemadaman Kebakaran lahan ini telah dilakukan.

“Pembagian tugas dengan BPK ini dilakukan dengan sistem Zonasi daerah yang menjadi wilayah tugas mereka. Diantaranya delapan BPK untuk Kecamatan Landasan Ulin dan Liang Anggang. Ada satu BPK yang ditugaskan di wilayah Kecamatan Banjarbaru Utara dan Banjarbaru Selatan. Satu BPK di Kecamatan Cempaka, ditambah Damkar Pemko Banjarbaru, Damkar DLH dan Disperkim Banjarbaru,” jelasnya.

Selain itu, Diterangkannya Pemko Banjarbaru juga telah meningkatkan status dari siaga ke darurat. Dengan anggaran yang diperlukan sekitar Rp300 juta.

“Meski begitu, kami tetap merespon positif masukan dan komentar yang beradar di media sosial Facebook terkait tersebut.

Bahkan, kedepan pihak BPBD akan terus bekerjasama dan melakukan pembinaan terhadap Damkar Swasta. Guna menangani permasalahan terkait kebakaran lahan dan hutan ini.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.