Intervensi Masalah Kependudukan, Dinsos P3AP2KB Bentuk Rumah DataKu di Aluh-Aluh

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak.(Foto Kominfo Banjar for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi dan Pembentukan Rumah Data Kependudukan Kampung Keluarga Berkualitas (DataKu) Se-Kecamatan Aluh-Aluh, Rabu (5/6/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Siti Masyitah didampingi Kepala Seksi Analisis Data dan Paramater Kependudukan Jainatun Adni dan Staff Lainnya. Peserta Pembentukan Rumah Data Kependudukan Berjumlah 24 Orang.

Read More

Siti Masyitah mengatakan kegiatan Sosialiasi dan Pembentukan Rumah DataKU Kampung Keluarga Berkualitas Se-Kecamatan Aluh-Aluh ini Penting dilakukan karena menindaklanjuti Kegiatan Launching Kampung Keluarga Berkualitas 277 Desa dan 13 Kelurahan Se-Kabupaten Banjar oleh Kepala BKKBN Republik Indonesia Dr.(HC). Dr Hasto Wardoyo, Sp.OG(K).

Lebih Lanjut Siti Masyitah bahwa Rumah Data Kependudukan memang dalam konsep dasarnya difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan di tingkat mikro, mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, memverifikasi, dan memanfaatkan data kependudukan yang bersumber dari, oleh, dan untuk masyarakat sebagai basis untuk intervensi pembangunan di Kampung Keluarga Berkualitas dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sejalan dengan tujuan pembentukannya, terdapat tiga fungsi utama rumah data kependudukan, yakni sebagai pusat data dan informasi, sebagai pusat intervensi permasalahan kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, serta sebagai pusat integrasi aktivitas Kampung Keluarga Berkualitas di Seluruh Desa Se-Kecamatan Aluh-Aluh,” harapnya.

Reporter : Ahdalena/ MC Balangan

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *