Ini Tips Menghilangkan Sifat Iri dan Dengki agar Tak Jadi Penyakit Hati

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Setiap orang memiliki takdir dan jalan hidup masing-masing. Ada orang yang kesulitan dalam menjalani hidup, tapi ada banyak pula yang diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan.

Adanya perbedaan garis hidup tersebut, terkadang membuat seseorang menjadi sering membandingkan kehidupan yang dimiliki dengan milik orang lain.

Read More

Perasaan iri dan dengki yang datang tersebut tak jarang menjadi penyakit hati. Setiap kita melihat orang yang lebih sukses akan selalu muncul perasaan iri dan dengki tersebut. Lalu apakah perasaan iri dan dengki bisa dihilangkan? Berikut 5 tips menghilangkan sifat iri dan dengki yang dilansir Yoursay.id.

1. Selalu Bersyukur
Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan sifat iri dengki adalah dengan bersyukur. Bersyukur atas semua yang kamu miliki saat ini, baik itu pekerjaan, kesehatan dan yang lainnya. Kamu tak perlu menunggu sampai kaya dan sukses terlebih dulu baru bersyukur, mulai saat ini bersyukurlah atas hal yang kamu miliki sehingga kamu dapat terhindar dari rasa iri maupun dengki.

2. Stop Bandingkan Hidupmu
Cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa iri dan dengki adalah dengan berhenti membandingkan hidupmu dengan orang lain. Sesungguhnya yang menjadi pemicu rasa iri dengki adalah sering membandingkan kehidupan yang dimiliki dengan kehidupan orang lain. Kamu kemudian merasa tak beruntung dibandingkan orang lain yang menurutmu memiliki hidup yang lebih baik.
Kemudian muncullah perasaan iri tersebut dan tak senang jika melihat orang lain senang. Mulai sekarang berhentilah membandingkan hidupmu dengan orang lain baik itu secara langsung ataupun yang kamu lihat di media sosial.

3. Berusaha Ikut Senang jika Orang Lain Senang
Langkah selanjutnya adalah dengan ikut merasa senang dengan kebahagiaan yang dimiliki orang lain. Dengan cara tersebut maka kamu dapat menghilangkan rasa iri dan dengki. Jika kamu melihat orang lain meraih kesuksesan, maka kamu dapat memberikan ucapan selamat dengan tulus. Lalu mulailah menjalin hubungan baik dengan orang lain, agar kamu menjadi lebih dekat dan bisa ikut merasakan kebahagiaan yang mereka rasakan.

4. Ubah Perasaan Iri Menjadi Motivasi
Agar kamu bisa menghilangkan sifat iri dan dengki kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah motivasi. Jika kamu melihat seseorang meraih kesuksesan, kamu bisa mengubah keirianmu menjadi sebuah motivasi untuk bisa sukses seperti orang tersebut. Dengan begitu kamu jadi lebih semangat dan tertantang agar bisa meraih kesuksesan seperti orang lain.

5. Kenali Mereka Lebih Dekat
Jika kamu terus merasa iri dan tidak senang dengan kehidupan orang lain, mungkin saja karena kamu belum mengenal orang tersebut dengan dekat. Kamu bisa mulai menjalin hubungan baik dengan orang tersebut. Sehingga kamu akan tahu sifat asli yang dimiliki orang tersebut, baik sifat baik maupun buruk. Dengan begitu maka kamu tidak lagi merasa iri dan dengki.

Itulah 5 tips menghilangkan sifat iri dan dengki. Siapapun bisa saja memiliki sifat iri dan dengki, namun kalau mau memandang hidup dengan lebih baik maka kamu harus menghindari dan menghilangkan sifat tersebut. Yuk hilangkan sifat iri dan dengki tersebut!

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *