HUT SMAN 1 Pengaron, Paman Birin Inginkan Siswa yang Berkarakter dan Berakhlaq Mulia

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 SMA Negeri 1 Pengaron dibuka langsung acara oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj Husnul Khatimah di halaman Sekolah Penggerak SMAN 1 Pengaron, Kabupaten Banjar, Senin (29/4/2024) pagi.

Pada ppintu masuk sekolah itu terdapat Pameran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam tajuk History dengan tema: “Mengukir Prestasi Berkarya Mencetak Generasi Emas Untuk Mewujudkan Indonesia Maju.”

Read More

Terlihat juga para guru menggunakan sasirangan berwarna merah kekuningan, pengurus OSIS, tokoh agama dan perwakilan masyarakat Pengaron yang hadir.

Tarian sejumlah siswa sebagai Opening Ceremony HUT SMAN 1 Pengaron, mereka menyambut para tamu dengan mengalungkan kain Sasirangan khas Banjar tersebut.

Gubernur Paman Birin dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya atas HUT SMAN 1 Pengaron yang telah menyelenggarakan banyak lomba, baik itu internal maupun eksternal. Kemeriahan itu, menurutnya sebuah gebrakan bagi sekolah yang mulai unjuk dirinya sebagai lembaga pendidikan di Kabupaten Banjar.

“Tentunya sebagai promosi bagi SMAN 1 Pengaron. Dan dinas pendidikan, semoga terus mendukung dan mendorong sekolah ini jadi lebih baik,” ungkap Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin juga ingin Dinas Pendidikan memfasilitas sekolah agar mengembangkan lembaganya serta guru penggerak ditambah lagi.

“Sesuai akselarasi visi pemimpin daerah, maka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar berkualitas dan mempunyai daya saing. Tidak luput dari capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM), salah satunya dari adik-adik sekolah ini,” ujarnya.

Atas nama Pemprov Kalsel, Paman mengucapkan selamat HUT ke-21 SMAN 1 Pengaron. Dengan adanya acara ini, dia berharap agar terus menggelorakan semangat pendidikan di daerahnya.

“Supaya kemajuan dunia pendidikan di Kalsel. Terima kasih jasa para dewan guru atas dedikasinya selama ini telah mendidik,” kata dia.

Paman berpesan kepada siswa-siswi SMAN 1 Pengaron agar meningkatkan kapasitasnya dalam bidang apapun. Dari proses itu, Paman Birin mengharapkan adik-adik dapat tumbuh jadi intelektual muda ke depannya.

“Jadi siswa yang berkarakter dan berakhlaq mulia,” harap Paman Birin.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Pengaron, Hj Ayu Herlina Rustam menyampaikan di acara ini sebagai refleksi HUT ke-21 SMAN 1 Pengaron yang mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahunnya. Ia menyebut pencapaian sekolah ini berkat seluruh pihak, baik itu guru, siswa dan tenaga pendidik lainnya.

“Saya harapkan SMAN 1 Pengaron ini, sekolah kami terus berkualitas. Dan terdepan dalam menghadapi di era globalisasi saat ini,” kata Herlina.

Dalam lubuk hatinya, Herlina mengungkapkan rasa bangga kepada sekolah tercinta. Selama ini, menurutnya sekolah penggerak yang satu-satunya di Pengaron ini dapat bertumbuh terus dan menggulirkan prestasi-prestasi.

“Kedepan, semoga menjadi sebuah prestasi yang gemilang bagi sekolah tercinta ini. Dan Alhamdulillah, sekolah kita ditahun kedua sebagai sekolah penggerak dalam kurikulum merdeka,” jelasnya.

Herlina pun turut berharap, siswa-siswi SMAN 1 Pengaron mampu hadir menjawab tantangan zaman. Melalui berbagai pelatihan yang dijalankan dalam ekstrakurikulernya.

Adapun Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Pengaron, Ahmad Rafi (16) mengatakan kemeriahan acara ini sebagai simbolis bagi siswa untuk mengekspesikan dirinya dalam ajang lomba dan sebagainya.

Sejauh ini, Rafi melihat ada peningkatan kemampuan siswa dibidangnya. Lalu, ia menyebut banyak siswa mengikuti lomba monolog, vokal solo, pembuat bucket, pencipta puisi dan voli.

“Terus ada lomba eksternalnya. Yaitu bola voli putera/putri, pameran P5 dan menggambar atau mewarnai (melukis), serta Market Day. Mereka sangat potensi sekali buat bertumbuh dalam prestasi, tinggal diasah terus kemampuannya itu,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *