Hati-hati, Enam Makanan Tinggi Oksalat Penyebab Batu Ginjal

Kebiasaan dan pencegahan batu ginjal.(Foto : grid.id)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Kesehatan ginjal sangat dipengaruhi oleh pola makan kita sehari-hari. Mengonsumsi makanan tertentu bisa meningkatkan risiko terkena gangguan ginjal, termasuk batu ginjal. Batu ginjal terbentuk dari endapan mineral dan garam di dalam ginjal, yang bisa menyumbat saluran kemih dan menyebabkan gejala seperti nyeri hebat dan kesulitan buang air kecil.

Salah satu penyebab utama batu ginjal adalah konsumsi makanan tinggi oksalat. Oksalat adalah senyawa alami yang berperan dalam metabolisme tubuh, tetapi jika kadarnya terlalu tinggi, dapat membentuk kristal yang menjadi batu ginjal, dikenal sebagai batu ginjal kalsium oksalat.

Read More

Berikut adalah daftar makanan tinggi oksalat yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal, berdasarkan informasi dari WebMD:

  1. Bayam Bayam kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga sangat tinggi oksalat. Setengah cangkir bayam matang bisa mengandung hingga 755 miligram oksalat. Orang yang berisiko tinggi terkena batu ginjal disarankan membatasi konsumsi oksalat harian antara 50-100 miligram.
  2. Produk Kedelai Produk berbasis kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, merupakan sumber protein nabati yang baik. Namun, tahu keras seberat tiga ons dapat mengandung sekitar 235 miligram oksalat, sementara satu cangkir susu kedelai atau yogurt mengandung sekitar 336 miligram oksalat.
  3. Kacang Almond Almond, meskipun kaya vitamin dan mineral, juga tinggi oksalat. Satu ons almond (sekitar 22 butir) mengandung sekitar 122 miligram oksalat.
  4. Kentang Kentang adalah sumber karbohidrat yang umum dikonsumsi, terutama sebagai pengganti nasi. Namun, kentang panggang berukuran sedang dapat mengandung sekitar 97 miligram oksalat, dengan sebagian besar oksalat terkonsentrasi di kulitnya.
  5. Bit Bit merupakan sumber folat dan mangan yang baik, dan sering digunakan sebagai obat alami untuk tekanan darah tinggi. Namun, satu cangkir bit mengandung sekitar 152 miligram oksalat, menjadikannya salah satu sayuran dengan kandungan oksalat tertinggi.
  6. Raspberry Raspberry, seperti buah beri lainnya, kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Namun, satu cangkir raspberry bisa mengandung hingga 48 miligram oksalat, yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain seperti alpukat, jeruk, dan jeruk bali.

Dengan mengetahui kandungan oksalat dalam makanan, kita dapat lebih bijak dalam memilih makanan untuk mengurangi risiko batu ginjal dan menjaga kesehatan ginjal secara keseluruhan.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *