Harjad ke-20 Tanah Bumbu, Paman Birin Apresiasi Program 1 Desa 1 Masjid

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu memperingati Hari Jadi ke-20 bertempat di Halaman Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin, Sabtu (8/4).

Peringatan Hari Jadi ke-20 yang bertepatan dengan bulan Ramadan ini di rangkai dengan acara zikir dan sholawat, serta doa bersama.

Read More

Acara Hari Jadi Tanah Bumbu dimulai pukul 16.00 Wita dan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ustaz Rahmadi Juara 1 Qori Tilawah Dewasa Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.

Kemudian dilanjutkan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Tanah Bumbu yang dibacakan oleh Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Said Ismail Kholil Alydrus.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin mengucapkan selamat ulang tahun ke-20 Kabupaten Tanah Bumbu.

“Semoga program Kabupaten Tanah Bumbu 1 Desa 1 Masjid dapat melahirkan generasi qurani, teruslah bergerak” sampai Paman Birin.

Menurut Paman Birin, tema peringatan ”Melalui Program 1 Desa 1 Masjid, kita langitkan doa dan bumikan ikhtiar sebagai implementasi Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah”. Merupakan sebuah tema yang sangat relevan dengan arah pembangunan daerah. Baik Kabupaten Tanah Bumbu, maupun Provinsi Kalimantan Selatan.

Dikatakanya, salah satu fokus pembangunan Kalimantan Selatan adalah menjadikan provinsi ini sebagai sebagai pintu Gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang akan memberikan implikasi yang positif untuk kemajuan daerah.

“Insya Allah sebuah pintu yang akan memberikan keselamatan, kesejahteraan, dan kemakmuran, atau dikenal sebagai Kalsel Babussalam,” katanya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menyampaikan posisi Kabupaten Tanah Bumbu sangat strategis menjadi bagian Ibukota Negara Nusantara (IKN), sehingga Kabupaten Tanah Bumbu bersiap untuk menjadi bagian tersebut.

“Kita bersyukur di Tanah Bumbu telah dibangun industri sehingga mampu memberikan percepatan pertumbuhan ekonomi. Dan dirancang akan ada 11 Industri yang dibangun dan tentunya industri tersebut membutuhkan setidaknya 100 ribu tenaga kerja. Di Tanah Bumbu juga akan di bangun Balai Latihan Kerja (BLK) tingkat nasional yang didukung oleh Manteri Tenaga Kerja,” sebutnya.

Saat ini, pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sedang melakukan upaya besar yang disebut dengan Program 1 Desa 1 Masjid. Program ini adalah kelanjutan dari impelementasi dari motto Bersujud menuju Serambi Madinah.

Program 1 Desa 1 Masjid, maka masjid-masjid di Tanah Bumbu terbuka terus agar kegiatan-kegiatan keagamaan terus ada seperti zikir, sholawat, membaca dan menghafal Al-Quran. Ada anak-anak yang belajar di Masjid.

Melalui program 1 Desa 1 Masjid ini diharapkan dapat memperkuat kualitas sumber daya manusia sehingga tercipta generasi yang cerdas, religius, produktif, berdaya saing, dan berahlak mulia.

Pada peringatan ini juga dirangkai dengan penyerahan bantuan sosial rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati HM Zairullah Azhar kepada keluarga penerima manfaat.

Selanjutnya penyerahan bantuan sosial anak yatim piatu tahun 2023 oleh pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu berupa dana tabungan yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati H Muh Rusli.

Kemudian penyerahan secara simbolis berupa uang pembinaan penghargaan program satu desa satu masjid hafiz dan hafizah hafalan 3 juz diberikan kepada M Setiawan Jodie dari Desa Gusunge Kecamatan Kusan Hilir, dan Hayatul Aulia dari Desa Persiapan Bintang Makmur Kecamatan Karang Bintang.

Pada kesempatan itu, Bupati Zairullah Azhar juga melaunching produk pengalengan hasil perikanan yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *