Hanya 3 Pemda di Kalsel, Pemko Banjarbaru Raih Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) (foto:Ahdalena/Banjarbaruklik)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Penghargaan yang tahun ini hanya berhasil diraih tiga Pemda di Provinsi Kalimantan Selatan, yakni Pemko Banjarbaru, Pemkab Hulu Sungai Selatan dan Batola.

Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin, saat dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut. Ia mengungkapkan penghargaan ini merupakan bukti nyata Pemko Banjarbaru dalam penataan manajemen ASN, guna mendukung reformasi birokrasi.

Read More

“Alhamdulillah, Pemko Banjarbaru menerima penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023. Penghargaan ini jadi bukti kita telah melakukan penataan manajemen pegawai melalui reformasi birokrasi. Artinya

Penghargaan Anugerah Meritokrasi merupakan apresiasi tinggi terhadap keberhasilan instansi dalam menerapkan sistem merit. Dimana penghargaan ini diberikan untuk mendorong konsistensi penerapan sistem merit instansi agar terus terjaga di instansi pemerintahan.

Adapaun sistem merit sendiri merupakan bentuk implementasi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Sehingga, terjadi kesesuaian dalam manajemen kepegawaian yang menekankan pertimbangan dasar kompetensi bagi calon aparatur yang diangkat, ditempatkan, dipromosi dan dipensiunkan.

Sejak kepemimpinan Wali Kota Aditya, penataan manajemen pegawai melalui reformasi birokrasi menjadi hal yang selalu diprioritaskan. Dalam hal ini ialah penempatan pegawai berdasarkan latar belakang dan kemampuannya.

“Sebagaimana sistem merit, Kita melakukan menempatkan pegawai berdasarkan latar belakang pendidikan dan kemampuannya. Hal ini juga selalu saya tekankan kepada SKPD terkait, dalam hal ini Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banjarbaru,” bebernya.

Selain itu, Aditya juga turut mengaperisasi kinerja BKPP Kota Banjarbaru berserta jajaran. Ia berharap kinerja BKPP akan terus terjaga guna menciptakan birokrasi Pemko Banjarbaru yang profesional.

“Penguatan kebijakan dan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit menjadi sangat penting dalam upaya mendorong kinerja kita bersama. Tidak hanya BKPP saja, ini juga harus seluruh SKPD di lingkungan Pemko Banjarbaru,” tuntasnya.

Sebagai informasi, ajang penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023 akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 7 Desember mendatang. Dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tersebut, Wali Kota Banjarbaru diundang menerima plakat penghargaan.

Reporter : Ahdalena
Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *