Gel Kontrasepsi Buat Pria, Untuk Kurangi Sperma

Ilustrasi gel kontrasepsi.(Foto : meramuda.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Selama ini, alat kontrasepsi lebih banyak difokuskan untuk wanita. Namun, ilmuwan terus berupaya menemukan metode kontrasepsi yang efektif untuk pria. Salah satu inovasi terbaru adalah gel kontrasepsi yang dioleskan ke bahu, yang baru-baru ini telah melalui uji klinis dengan hasil yang menjanjikan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gel ini aman, efektif, dan bekerja lebih cepat dibandingkan metode kontrasepsi pria lainnya. Mengutip dari Sky News, studi tersebut menemukan bahwa gel ini mampu menurunkan jumlah sperma pria ke tingkat yang dianggap efektif untuk kontrasepsi rata-rata dalam waktu delapan minggu, lebih cepat dibandingkan metode suntikan yang memerlukan sembilan hingga lima belas minggu.

Read More

Sebanyak 222 pria berpartisipasi dalam uji klinis ini. Mereka mengaplikasikan sekitar 5 ml atau satu sendok teh gel pada bahu setiap hari. Gel ini mengandung kombinasi dua hormon, yaitu testosteron dan hormon sintetis bernama Nestorone.

Sementara testosteron saja dapat mengurangi jumlah sperma, penambahan Nestorone mempercepat prosesnya dan memungkinkan penggunaan testosteron dalam jumlah lebih sedikit. Hal ini menjaga kadar testosteron pada tingkat yang tidak mempengaruhi gairah seks atau menyebabkan efek samping lainnya.

Produk gel ini masih dalam tahap uji coba dan merupakan salah satu pilihan alat kontrasepsi pria yang paling maju saat ini. “Penggunaan gel kontrasepsi ini sangat mudah, seperti meminum pil harian,” kata Logan Whitehead, 24, salah satu peserta penelitian.

Whitehead melaporkan bahwa dia tidak mengalami efek samping signifikan dari penggunaan gel ini, kecuali jerawat di punggung bagian atas dan sedikit penambahan berat badan yang kemungkinan juga disebabkan oleh gaya hidup sedentari.

Para peneliti terus memantau efektivitas gel ini dalam mencegah kehamilan serta keamanannya, tingkat penerimaan pengguna, dan waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan jumlah sperma setelah penghentian penggunaan gel.

Dengan hasil yang menjanjikan ini, gel kontrasepsi untuk pria bisa menjadi solusi yang setara dan efektif dalam metode keluarga berencana di masa depan.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *