Fasad Baru Hidupkan Nuansa Tempo Dulu

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Akhirnya, renovasi fasad (tampilan sisi luar dari sebuah bangunan atau wajah) Balai Kota Banjarbaru yang menghidupkan kembali bangunan bergaya kolonial sudah terwujud.

Bangunan ikonik ini dirancang pada tahun 1950an oleh Dirk Andries Willem Van der Pijl arsitektur asal Belanda.

Read More

Kapala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Nina Aphrodita ST MT mengatakan, renovasi sudah dimulai pada akhir bulan Juli 2022 lalu. Ia pun bersyukur karena renovasi berjalan lancar dan rampung tepat waktu.

Mengetahui adanya renovasi fasad, Anak angkat VDP yang masih tinggal di Banjarbaru, Rico Hasyim bersyukur fasad bangunan Balai Kota tetap dipertahankan. Keputusan ini disebutnya merupakan bagian dari menghargai nilai sejarah bangunan ini.

“Kita bersyukur. Karena masih ada orang yang menghargai nilai luhur dan sejarah tanpa mengubah estetika bangunan,” ujarnya.

Menurutnya, adanya penambahan ornamen di sayap bangunan Balai Kota tidak menjadi masalah. Malah justru mempercantik bangunan yang ada.

Sementara itu, salah seorang pelancong asal Martapura, Muhammad Wandi (27) mengaku senang dengan penampilan baru fasad Balai Kota Banjarbaru.

Muhammad Wandi

Wandi sengaja datang ke Banjarbaru mengajak adik dan keponakannya untuk bermain dan menghabiskan waktu bersama sembari mengabadikan momen dengan latar belakang Balai Kota.

“Untuk Wali Kota sekarang, banyak perubahan yang terjadi di Banjarbaru. Terutama gedungnya menghidupkan jembalu nuansa tempo dulu, bagus untuk foto-foto,” tutupnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *