DPRD Kota Banjarbaru Ajukan Raperda untuk Maksimalkan PAD Melalui Teknologi Informasi

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – DPRD Kota Banjarbaru menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pelaporan dan Penyetoran Pajak Daerah ke dalam daftar Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2024.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarbaru, Syamsuri, menjelaskan bahwa Raperda ini diajukan untuk memaksimalkan upaya Pemerintah Kota dalam mengumpulkan PAD dari sektor pajak. Raperda tersebut akan menjadi landasan hukum bagi pemerintah daerah dalam menagih pajak dari seluruh wajib pajak, terutama yang melakukan transaksi melalui aplikasi atau online, baik perorangan, kelompok, maupun badan usaha.

Read More

“Ketika Raperda ini diundangkan menjadi Perda, diharapkan dapat memudahkan para wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya melalui perangkat gawai,” ujarnya pada Radar Banjarmasin, Kamis (4/4) sore.

Syamsuri menjelaskan bahwa pembayaran pajak berbasis aplikasi tidak hanya mempermudah, tetapi juga berfungsi untuk mengurangi potensi kebocoran PAD. “Pembayaran lewat sistem aplikasi ini sangat mudah untuk diawasi, karena setiap transaksi akan terdokumentasi dengan baik,” tambahnya.

Ia menegaskan bahwa jika pola pembayaran pajak melalui aplikasi diterapkan secara serius, maka upaya pengumpulan PAD dari sektor pajak akan lebih efektif. Dari segi nilai, pembayaran pajak secara elektronik juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendapatan dibandingkan dengan pembayaran tunai.

“Pembayaran tunai rentan terhadap manipulasi. Oleh karena itu, kami akan terus mengawal proses pembentukan Raperda ini,” pungkasnya.

Dengan adanya Raperda ini, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam efisiensi pengumpulan pajak dan pengurangan potensi penyalahgunaan, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Banjarbaru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *