DPKP Banjar Gelar Sosialisasi dan Pembinaan REDKAR di Desa Simpang Tiga

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan, di Balai Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman, Kamis (27/4/2023).

Kegiatan ini dihadiri Camat Mataraman Dedi Kurniadi dan Pambakal Desa Simpang Tiga beserta staf aparatur desanya, para pemuda dan relawan yang tergabung dalam Tim Rescue Mataraman (TRM).

Read More

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di lingkungan masyarakat, serta anjuran bagi para relawan agar bisa tergabung dalam Relawan Kebakaran (REDKAR) yang terdaftar secara nasional di Kedinasan.

Kepala Bidang Pencegahan DPKP Banjar Eddy Elminsyah Jaya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk membina anggota relawan kebakaran agar menjadi ujung tombak apabila terjadi kebakaran di desa khusunya di Desa Simpang Tiga.

“Relawan ini kemudian nantinya akan dibina dan dilatih agar setidaknya bisa meminimalkan resiko pemicu terjadinya kebakaran,” ucap Eddy.

Sementara itu, Rizki Ananda memberikan materi terkait Kebakaran yang merupakan salah satu ancaman berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegahnya.

“Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan pembinaan ini,” ujar Rizki.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan praktek langsung mengenai cara penanganan dan pencegahan dini terjadinya kebakaran melalui tegangan listrik dan tabung gas LPG yang sudah standar dan diawasi langsung oleh ahlinya.

Camat Mataraman Dedi Kurniadi mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Pemadam Kebakaran yang kiranya sudah mau berhadir di Desa Simpang Tiga untuk memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada rekan relawan Desa Simpang Tiga.

“Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut kedepannya sehingga masyakarat lebih paham mengenai tahap awal mencegah dan menangani resiko terjadinya kebakaran,” harap Dedi.

Pada kegiatan ini ditutup dengan penyerahan Sertifikat Penghargaan oleh DPKP Banjar kepada Pambakal Desa Simpang Tiga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *