Dosen Faperta ULM Dongkrak Keahlian Santri Ponpes Mu’adalah An-Najah

PENGABDIAN - Dosen Faperta ULM Banjarbaru memberikan pelatihan budidaya ikan nila dalam kolam terpal dan sayuran sistem tabulampot kepada santri Ponpes Mu'adalah ala Gontor An-Najah Cindai Alus Tungkaran Martapura.
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Puluhan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Mu’adalah ala Gontor An-Najah Cindai Alus Tungkaran Martapura, Jumat (1/7/2022) pagi tadi mengikuti program kemitraan masyarakat dari Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru.

Santri mengaku senang diajarkan budidaya ikan nila dalam kolam terpal dan sayuran sistem tabulampot di masa pandemi Covid-19. Seperti diungkapkan Sajid (14), santri asal Martapura. Santri yang mengaku sudah hafal 2 juz ini merasa senang diajarkan budidaya ikan dan menanam sayuran yang baik. “Alhamdulillah, semoga bisa diterapkan sehari-hari,” ujarnya.

Read More

Hal senada diungkapkan Muhammad Fikri (12), santri asal Jln Golf Banjarbaru. Fikri mengaku baru seminggu masuk Ponpes. Namun ia merasa senang mengikuti pelatihan dari dosen Faperta ULM tersebut.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Faperta ULM Herliani mengungkapkan, pelatihan yang diajarkan ini terdiri dari teori dan praktik. Menurutnya, pelatihan ini bisa menjadi bekal santri untuk bisa mengimplementasinya di pesantren, bahkan bisa juga setelah keluar dari pesantren.

“Tentunya kami berharap, bisa meningkatkan ekonomi Ponpes Mu’adalah An-Najah. Dan juga mendongkrak skill atau keahlian para santri dalam budidaya ikan maupun sayuran,” ujarnya didampingi Tim Pengabdian lainnya Chatimatun Nisa, Tanwirul Millati dan Parwanto.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan ini sangat cocok untuk anak-anak pesantren. Seperti budidaya ikan nila di dalam kolam terpal yang disampaikan Dosen Uniska H M Ilmi Hidayat MP. Dari segi pemeliharaan terbilang mudah dibandingkan dengan metode lain. Hasil produksinya pun bisa meningkat jika pemeliharaannya bagus. “Misalnya pemberian suplemen organik, kemudian juga nutrisinya dijaga,” ucapnya.

Selain itu, santri juga diajarkan cara budidaya tanaman sayur di dalam polybag. Santri diberikan materi langsung oleh Dosen Prodi Agronomi Faperta ULM Ir H Zairin. Menurutnya, menanam di polybag itu mudah. Pasalnya, bisa dilakukan pekarangan yang sempit. “Tentunya ini juga bisa menambah gizi santri dan menambah penghasilan,” ujarnya.

Terpisah, Pengurus Ponpes Mu’adalah An-Najah Yuni Saputra mengaku bersyukur dengan kedatangan Tim Pengabdian dari Faperta ULM. Menurutnya, dosen Faperta ULM selama ini sudah banyak membantu pengembangan Ponpes Mu’adalah. “Kami selaku pengurus, mengucapkan terimakasih banyak atas pelatihan yang diberikan kepada santri kami,” ucapnya. (abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.