DKP3 Banjarbaru Vaksinasi Ratusan Hewan Ternak

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Setelah mendapatkan bantuan sebanyak 300 dosis vaksin untuk antisipasi penyakit kuku dan mulut (PMK) dari Kementerian Pertanian RI, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru langsung melakukan vaksinasi.

Sebanyak 100 hewan ternak yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Landasan Ulin divaksinasi diantaranya, Kelurahan Syamsudin Noor, Landasan Ulin Tengah, Landasan Ulin Utara, dan Landasan Ulin Timur.

Read More

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bidang Peternakan Dinas DKP3 Kota Banjarbaru, Drh Yohana Kriswinantu Msi saat melakukan vaksinasi hewan ternak di Kelurahan Syamsudin Noor, Senin (27/6/2022).

Sebelumnya pihaknya juga telah melakukan vaksinasi pada 100 hewan ternak pada Sabtu (25/6/2022) di beberapa peternakan di Guntung Manggis. Hingga total kini sudah 200 dosis vaksin yang digunakan. Sisa 100 dosis vaksin akan digunakan pada Selasa (28/6/2022).

“Hewan ternak yang divaksin kali ini ditujukan untuk sapi betina dan anakan. Karena sapi jantan biasanya dikonsumsi untuk kurban. Dimana jarak vaksin pertama dan kedua terlampau satu bulan. Sedangkan hari raya kurban kurang dari setengah bulan,” jelas Yohana.

Walaupun kasus PMK di Kota Banjarbaru belum ditemukan. Lanjut Yohana, dengan adanya vaksinasi ini, dapat mengantisipasi hal tersebut.

Yohana berharap dengan dilakukan vaksinasi hewan ternak ini mampu meningkatkan metabolisme hewan ternak, dalam melawan mikro organisme maupun virus penyebab PMK.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyisiran pada daerah-daerah perbatasan, karena di Kabupaten Tanah Laut sudah masuk dalam zona merah, terlebih di sana terdapat pasar hewan.

“Khawatir terjadinya penularan maka kami lakukan pencegahan dengan pemberian vaksin dan vitamin pada hewan ternak,” pungkasnya. (Adl)

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.