Dishut Kalsel Rancangan Kegiatan Penanaman Untuk Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan

di Dinas Kehutanan Prov Kalsel Banjarbaru.(Foto Dishut Kalsel For Banjarbaruklik)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Seperti yang kita ketahui bahwa hutan kemasyarakatan yang disingkat pula sebagai HKm adalah hutan negara yang pemanfaatannya ditujukan untuk pemberdayaan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di dalam maupun di sekitar kawasan hutan, kegiatn HKm ini sejalan dengan program Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor bahwa dalam pengelolaan kawasan Hutan harus mengikut sertakan masyarakat sekitar dengan tujuan bisa meningkatkan tarap ekonomi di sekitar kawasan hutan tersebut.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Fathimatuzzahra, S.Hut., MP melalui Kepala Bidang Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) I Gede Arya Subhakti dan Kepala Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Rehabilitasi Hutan dan Lahan (PDASRHL) Alif Winarto mengadakan rapat rancangan kegiatan penanaman dalam rangka pengelolaan hutan kemasyarakatan kepada Koperasi Jada Budi Sejahtera pola kemitraan dengan PT. Borneo Indobara yang bertempat di Aula Rimbawan III pada hari Kamis (06/06) yang dihadiri oleh Perwakilan dari PT. Borneo Indobara, Akademisi Universitas Lambung Mangkurat, KPH Kusan dan perwakilan Koperasi Jasa Budi Sejahtera.

Read More

Kepala Bidang PPM dalam hal ini sebagai pimpinan rapat mengharapkan “dengan adanya pertemuan ini bisa dijadikan dasar dalam pembuatan rancangan teknis yang tersusun dengan baik, sehingga dalam jangka waktu 5 tahun tanaman dengan jenis Karet, Kopi, Durian Sengon dan Jabon dengan luas 376 Ha ini sudah bisa memberikan hasil untuk masyarakat”ungkap I Gede Arya Subhakti.

Sebagai informasi bahwa Koperasi Jasa Budi Sejahtera ini adalah HKm binaan dari KPH Kusan yang berlokasi di Hutan Produksi Terbatas Desa Mangkalapi, Kecamatan Teluk Kepayang Kabupaten Tanah Bumbu yang memiliki Luas IUPHKm seluas 448 Ha.

Reporter : Ahdalena/ Dishut Kalsel

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *