Dishut Kalsel Gelar Rapat Peredaran Bibit Tanaman Hutan Guna Pengelolaan Ditribusi Bibit Berkelanjutan

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel mengadakan rapat peredaran bibit tanaman hutan. Rapat tersebut dilaksanakan diAula Rimbawan 1 Dishut Kalsel, dihadiri UPTD Dinas Kehutanan yang diantaranya Balai Perbenihan Tanaman Hutan, Tahura Sultan Adam dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lingkup Dishut Kalsel. Selasa (09/07).

Rapat dibuka oleh Kabid PDASRHL Dishut Kalsel, Alip Winarto. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pengelolaan bibit tanaman hutan yang baik dan berkelanjutan untuk menjaga kelestarian hutan. “Bibit tanaman hutan adalah fondasi utama dalam upaya reforestasi dan rehabilitasi hutan. Oleh karena itu, peredarannya harus diawasi dengan ketat dengan cara administrasi dan dokumentasi,” kata. Alip Winarto.

Read More

Sementara, Kepala Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Dishut Kalsel Syarif Rachman dalam paparannya menyampaikan laporan distribusi bibit, laporan produksi bibit, berita acara penyerahan bibit, dan Laporan Stok Bibit Bulan Juli 2024. “Pada bulan Juli 2024 ini Balai Perbenihan Tanaman Hutan Dishut Kalsel juga akan meluncurkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Bibit dan Survey Kepuasan Masyarakat (SI-BISKMA). Aplikasi tersebut bertujuan untuk menginformasikan ketersedian bibit tanaman diBPTH secara up to date dari Jenis Bibit, Jumlah Bibit, dan Spesifikasi Bibit Tanaman yang tersedia untuk diketahui masyarakat umum. Diaplikasi ini masyarakat juga dapat memberikan kepuasan masyarakat dalam pelayanan BPTH” Kata Syarif Rachman.

Diharapkan melalui Rapat Peredaran Bibit Tanaman Hutan bersama Unit Pelaksana Teknis Daerah Dishut Kalsel ini dapat mencapai target reforestasi dan kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan yang juga selaras dengan program Revolusi Hijau Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor.

Reporter : Ahdalena/ Dishut Kalsel

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *