Dinkes Banjar Gelar Family Gathering Bubuhan Kesehatan Ramaikan HKN ke 58

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58, Dinas Kesehatan (Dibkes) Kabupaten Banjar menggelar Family Gathering Bubuhan Kesehatan Tahun 2022, bertempat Taman Wisata Tambela Aranio, Kabupaten Banjar, Sabtu (10/12/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh petugas Dinkes beserta keluarga, UPT Puskesmas se Kabupaten Banjar, UPT Laboratorium Daerah dan UPT Instalasi Farmasi beserta keluarga dan tamu undangan

Read More

Kepala Dinkes Banjar Yasna Khairina mengatakan, tujuan kegiatan ini dilaksanakan agar tenaga kesehatan lebih membina persatuan dan kekompakan, mempererat silaturrahmi dan membina komunikasi yang baik.

“Sehingga diharapkan mampu mengatasi berbagai kendala dalam upaya pembangunan kesehatan di Kabupaten Banjar,” katanya.

Ia menjelaskan, setiap masalah kesehatan pada umumnya disebabkan tiga faktor yang timbul secara bersamaan yaitu adanya penyakit atau pengganggu lainnya, lingkungan yang memungkinkan berkembangnya bibit penyakit dan adanya perilaku hidup manusia yang tidak peduli terhadap penyakit dan lingkungannya.

“Oleh sebab itu, sehat dan sakit seseorang sangat ditentukan oleh perilaku hidup manusia sendiri, karena perubahan perilaku sangat terkait dengan promosi kesehatan. Maka peran promosi kesehatan sangat diperlukan dalam meningkatkan perilaku masyarakat agar terbebas dari masalah-masalah kesehatan,” jelas Yasna.

Maka dari itu, lanjut Yasna, untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan upaya-upaya melalui gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dengan melibatkan seluruh komponen bangsa untuk membangun paradigma sehat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain adalah penggerakan masyarakat dan kampanye-kampanye kesehatan melalui penyebarluasan Promosi dalam Penyebarluasan Informasi Kesehatan Germas yang diintegrasikan dengan berbagai rangkaian kegiatan pada Hari Kesehatan Nasional (HKN),” ujarnya.

Lanjut dikatakan Kepala Dinkes Banjar, HKN ke 58 ini membawa pesan bahwa di masa transisi pandemi ke endemi ini kita tidak boleh lengah.

“Seluruh komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya menjaga kesehatan, memprioritaskan promotif preventif dan semakin menggalakkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan memperingati HKN ini dilaksanakan dengan maksud untuk lebih membina persatuan dan kekompakan, mempererat silaturrahmi dan membina komunikasi yang baik.

“Sehingga diharapkan mampu mengatasi berbagai kendala dalam upaya pembangunan kesehatan khususnya dimasa transisi pandemi,” tutupnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *