Dinas PU Provinsi Optimis, Desember Jalan Akses Bandara Syamsudin Noor Rampung

Waktu Baca : 3 menit
PENGASPALAN – Akses Jalan Bandara Syamsudin Noor menuju jalan Golf Banjarbaru mulai dikerjakan pengaspalan. 

Banjarbaruklik – Jalan akses Bandara Syamsudin Noor yang baru terus dikerjakan, oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel.

Pihak Dinas PUPR Provinsi Kalsel optimis, sebelum Soft Opening peresmian Bandara, yang dijadwalkan akan dilakukan awal Desember 2019 nanti. Akses jalan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru ini akan rampung.

Read More

Hal ini disampaikan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Yasin Toyib kepada Banjarbaruklik.com, Selasa (26/11) siang.

“Hasil risalah rapat kami dengan KSP dan Kemenko Perekonomian RI. Kami diminta untuk menyelesaikan akses jalan Bandara Syamsudin Noor. Yang belum rampung itu, jalan dari gerbang Bandara menuju Jalan Golf Landasan Ulin sepanjang sekitar 2,7 Kilometer,” ungkapnya.

Dia menambahkan, hasil pertemuan tersebut awalnya hanya untuk melakukan pengerasan jalan ini. Tapi karena dirasa untuk menunjang Bandara Syamsudin Noor yang sudah bagus. Pihaknya akhirnya menganggarkan dari dana, melalui APBD Perubahan Provinsi Kalsel sebesar Rp 20 Miliar.

“Lalu kami diberi action plan, kapan akses jalan Bandara ini di aspal. Kami juga dituntut saat soft opening Proyek pengembangan Bandara sudah selesai.
Lalu kami mulai mengaspal jalan ini pada 20 November lalu, di targetkan sampai 15 hari sudah selesai. Jadi saat soft opening 5 Desember nanti bisa selesai,” terangnya.

Dia optumis, dengan total panjang sekitar 2,7 Kilometer dan lebar jalan 16 meter. Akses jalan Bandara Syamsudin Noor sampai ke Jalan Golf akan tersambung pengaspalan.

“Total 2,7 Kilometer akses jalan diaspal dan tersambung ke Jalan Golf. Rinciannya panjang jalan 400 meter dan lebar 16 meter selesai diaspal. Sementara panjang jalan 2,3 Kilometer dikerjakan pengaspalan dengan lebar 8 meter atau separuh jalan saja. Mengejar Soft Opening Bandara ini,” bebernya.

Ditegaskan Yasin, usai soft opening nanti pihaknya akan kembali mengerjakan akses jalan ini. Sehingga nanti akan rampung sepenuhnya diaspal.

“Usai soft opening tanggal 5 Desember nanti, kami minta waktu 8 hari untuk menyelesaikan keseluruhan akses jalan Bandara ini. Sehingga akses jalan tembus Bandara ke jalan Golf ini akan rampung,” ujarnya.

Dibeberkannya, semua ini akan dirampungkan sesuai rencana. Asalkan tidak ada hujan dan masalah alat dilapangan. Selain itu Marka Jalan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) juga sudah dipasang diakses jalan tersebut oleh Dishub Kalsel.

Untuk akses jalan dari Banjarmasin menuju Gerbang Bandara nantinya akan lewat Jalan Golf Landasan Ulin Banjarbaru. Sedangkan dari Banjarbaru dan Martapura akan lewat jalan Kebun Karet Balitra ke arah jalan Lingkar Utara Guntung Damar Banjarbaru.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.