Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan Adakan Pelatihan Kerja untuk Kurangi Pengangguran

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik– Dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Balangan, Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan menyelenggarakan pelatihan kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, dunia usaha, dan dunia kerja.

Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Kerja Produktivitas dan Hubungan Industrial Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan, Slametno, menyampaikan bahwa Kabupaten Balangan berhasil meraih peringkat dua pengangguran terendah di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2023. Sebelumnya, pada tahun 2022, Kabupaten Balangan berada di posisi kelima.

Read More

“Target kami tahun 2024 ini adalah menjadikan Kabupaten Balangan sebagai kabupaten dengan tingkat pengangguran terendah di Kalimantan Selatan,” ujarnya pada Selasa (25/6/2024).

Menurut data pengangguran terbuka pada Agustus 2022, tingkat pengangguran di Kabupaten Balangan adalah 3,98%, yang menurun menjadi 2,70% pada Agustus 2023. Data ini menunjukkan perubahan signifikan dengan penurunan sebesar 1,28%.

Slametno menambahkan bahwa pelatihan kerja yang diadakan oleh Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta, sehingga mereka dapat lebih mudah terserap oleh industri, dunia usaha, dan dunia kerja.

“Pelatihan tersebut bertujuan agar lulusan dari pelatihan kerja dapat banyak terserap di industri, baik itu dunia usaha maupun dunia kerja,” tutupnya.

Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam penurunan angka pengangguran di Kabupaten Balangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *