Di Area Persawahan, Warga Haur Batu Gelar Doa Tolak Bala Kampung Bersama

Ratusan warga berkumpul dan berdoa bersama di area persawahan dan perkebunan di Haur Batu.(Foto MC Balangan for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Warga di Kelurahan Paringin Kota, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, menggelar kegiatan doa tolak bala kampung bersama. Acara ini diinisiasi oleh para pemuda bekerja sama dengan kelompok tani, tokoh agama, dan masyarakat setempat. Minggu (10/12/2023).

 

Read More

Ketua Karang Taruna Wasaka Parkot Haur Batu, Hendra Hidayat, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali budaya tradisional setempat. “Dimana dulunya setiap tahun saat memulai awal tanam, diadakan selamatan atau doa tolak bala bersama,” ujarnya.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di area perkebunan dan sawah warga Haur Batu, disertai dengan memasak bersama di tempat yang sama.

 

“Dana untuk kegiatan ini berasal dari swadaya masyarakat di lingkungan Haur Batu dan juga bantuan dari Camat Paringin. Ratusan warga berkumpul dan berdoa bersama dalam acara ini,” katanya.

 

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat, Karjo, menjelaskan bahwa kegiatan tolak bala ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar senantiasa memberikan keberkahan, kesehatan, dan kesempatan kepada seluruh warga dan kampung.

 

Acara doa tolak bala kampung bersama ini menjadi momen yang memperkuat kebersamaan dan kecintaan terhadap budaya lokal di Haur Batu.

 

“Semoga kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk menjaga keharmonisan dan keberkahan di masyarakat setempat,” pungkasnya.

Reporter : Ahdalena/ MC Balangan

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *