Demplot Budidaya Cabe Rawit di BPP Landasan Ulin

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru melaksanakan Fam Field Day dengan mengekspose penerapan teknologi yang dilakukan pada budidaya tanaman cabe rawit.

Pada Fam Field Day ini digelar Demontration Plot atau Demplot tentang penggunaan bahan bahan organik untuk budidaya cabe rawit di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Landasan Ulin, Kamis (22/9/2022).

Read More

Dalam acara tersebut dihadiri Kapala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kabid Penyuluhan Ir H Kusmaryono.

Kabid Penyuluhan Ir H Kusmaryono mengungkapkan kegiatan tahun ini di BPP Landasan Ulin mendapat bantuan sarana produksi dari APBD TK1 melalui Dinas TPH provinsi.

“Untuk tahun depan diharapkan kegiatan demplot terus berlanjut, meski tidak lagi ada subsidi dari provinsi, karena untuk pemerataan bergantian dengan BPP lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DKP3 Kota Banjarbaru Abu Yajid Bustami S Sos MAP, mengatakan bahwa cabe merupakan salah satu komoditas yang menjadi perhatian pemerintah, karena komoditas ini merupakan salah satu yang dapat mempengaruhi inflasi.

“Saat ini harga cabe di pasaran masih cukup tinggi, sekitar Rp 70 ribu dipasaran. Pada musim tanam ini memang banyak kendala di lapangan terkait kondisi iklim yang cukup ekstrim dengan curah hujan yang terus menerus, sangat mendukung perkembangan OPT,” ujarnya.

Menurutnya, dengan pengalaman tersebut, bisa menjadi modal untuk melanjutkan penanaman berikutnya agar bisa diantisipasi segala permasalahan di lapangan.

Disisi lain, Kepala BPP Landasan Ulin, Frins Usifarina mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama dari Dinas TPH Provinsi yang sudah mempercayakan BPP Landasan Ulin untuk melaksanakan kegiatan demplot.

“Insya Allah demplot ini akan terus berlanjut pada tahun tahun berikutnya,” katanya.

Sekedar informasi, Farm Field Day kali ini turut dihadiri oleh Kepala BPP se-Kota Banjarbaru serta perwakilan petani se-Kecamatan Landasan Ulin. (Adl)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.