Dapat Kucuran Dana Miliaran Rupiah, Museum Lambung Mangkurat Siap Berbenah Dengan Wajah Baru

Waktu Baca : 2 menit
WAJAH BARU – Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalsel, perlu adanya perwajahan baru. Agar lebih modern dan menarik para pengunjung dalam mengenal berbagai budaya dan sejarah di Kalsel. 

Banjarbaruklik – Usai mendapat kucuran dana Miliaran Rupiah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, pada Tahun Anggaran 2020 ini. Museum Lambung Mangkurat siap untuk direnovasi dengan perwajahan baru.

Kepala Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalsel, Ikhlas Budi Prayogo mengatakan, sejak awal didirikan Museum yang berada di Banjarbaru ini tidak ada pembenahan yang signifikan.

Read More

“Oleh karena itu  pada bulan Juni 2019 lalu, kami menyampaikan kepada Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. Bahwa pihak kami sudah menyiapkan perencanaan pengembangan. Kami bersyukur mendapatkan respon positif dari Gubernur Kalsel. Guna merubah perwajahan Museum yang baru, kami diberikan dana sebesar Rp 2 Miliar,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik, Kamis (16/1) siang.

BERIKAN KETERANGAN – Kepala Museum Lambung Mangkurat, Ikhlas Budi Prayogo memberikan keterangan kepada Banjarbaruklik.com

Dia menjelaskan, pengembangan tersebut dalam bentuk rehab besar. Meliputi fasilitas kantor, ruang pertemuan, tempat parkir, juga terutama perwajahan Museum. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan lelang perencanaan rehab perwajahan Museum dengan sistem Online.

“Setelah itu selesai baru dilanjutkan dengan lelang fisik. Insya Allah akan berjalan pada bulan Februari 2020 ini,” jelasnya.

Dia berharap kedepan, Museum yang menjadi salah satu ikon Kalsel ini, menjadi lebih nyaman, indah, dan modern. Serta dalam segi Sumber Daya Manusianya dapat berkembang, manfaatkan teknologi digital dengan baik.

“Ya menjadi modern lah, untuk memasarkan, menginformasikan dan mengawal budaya dan sejarah di Kalsel. Serta bisa lebih bermanfaat bagi warga banua,” harapnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap terhadap terbentuknya Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi Kalimantan Selatan. Dimana nantinya akan memberikan penilaian  terhadap tinggalan budaya yang ada di banua, untuk diusulkan dan ditetapkan sebagai cagar budaya tingkat provinsi. Ini akan memudahkan sebagian kerja museum Lambung Mangkurat. (ari/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.