Dampak Pandemi Covid-19, Harga Bawang Putih dan Bawang Bombai Ikut Melonjak Naik

Waktu Baca : 2 menit
MELONJAK NAIK – Harga Bawang Putih dan Bawang Bombai melonjak naik hingga mencapai Rp 47 ribu per kilogram dalam dua pekan ini di pasar tradisional di Banjarbaru.

Banjarbaruklik – Selain kenaikan yang signifikan pada Gula Pasir yang mencapai harga Rp 22 ribu per kilogram. Ternyata beberapa sayur mayur di pasar tradisional di Banjarbaru juga turut naik.

Hal ini berdasarkan pantauan Banjarbaruklik, dibeberapa pasar di Kota Banjarbaru, termasuk di Pasar Peramuan dan Pasar Ulin Raya Banjarbaru.

Read More

Kenaikan ini diperkirakan telah terjadi  dalam dua pekan terakhir ini. Harga Bawang Putih naik hingga Rp 7 ribu, menjadi 47 ribu perkilogram. Sedangkan
harga Bawang Bombai naik Rp 2 ribu, menjadi Rp 47 ribu perkilogramnya.

“Beberapa Minggu ini harga Bawang Putih mencapai Rp 47 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 40 ribu perkilogramnya. Kami hanya pasrah saja dengan adanya kenaikan harga Bawang Putih ini,” ucapnya Pedagang di Pasar Peramuan Banjarbaru, Dwi kepada Banjarbaruklik, Kamis (2/4) pagi.

Selain kenaikan harga Bawang Putih, ternyata Bawang Bombai pun juga naik. Hal ini diakui salah seorang Pedagang di Pasar Ulin Raya Banjarbaru, Yanto Arifin. Diakuinya, kenaikan harga Bawang Bombai ini hingga Rp 2 ribu.

“Biasanya saya jual Bawang Bombai dengan harga Rp 45 ribu per kilogram. Saat ini menjadi Rp 47 ribu per kilogram,” terang.

Dia menjelaskan, kemungkinan kenaikan harga ini  ada sangkut pautnya dengan pandemi Virus Corona (Covid-19) yang saat ini terjadi.

“Perkiraan saya, kenaikan harga Bawang Bombai ini dipengaruhi adanya wabah virus Corona (Covid-19) yang saat ini terjadi. Dampaknya beberapa minggu terakhir agak sepi pembeli, semoga virus ini cepat diatasi oleh Pemerintah,” harapnya.

Dikatakannya, selain jenis bawang tidak ada lagi yang melonjak naik harganya untuk saat ini di Pasar Ulin Raya Banjarbaru.

“Untungnya selain jenis bawang, seperti Cabai, Tomat Wortel dan sayuran lainnya, alhamdulillah masih stabil saja di pasaran. Sebagai seorang pedagang sayuran, saya berharap tidak ada kenaikan harga lagi,” harapnya.(ari/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.