Cegah Sengatan Listrik saat Musim Penghujan, Ini Himbauan PLN

  • Whatsapp
Cegah Sengatan Listrik saat Musim Penghujan, Ini Himbauan PLN
PLN mengimbau agar masyarakat tetap waspada dalam pencegahan datangnya musibah banjir.
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Cegah Sengatan Listrik, PLN berikan imbauan kepada masyarakat. Disaat Musim Penghujan ini cuaca memang tidak menentu, meskipun sudah memasuki musim panas namun hujan masih sering turun. PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Tengah mengimbau agar masyarakat tetap waspada dalam pencegahan datangnya musibah banjir. 

 

Read More

“Dalam rangka cegah sengatan listrik akibat banjir, kami menghimbau agar masyarakat dapat mematikan aliran listrik di rumah,” ungkap Assistant Manager Komunikasi PLN UIP Kalbagteng Sugeng Rianto, Kamis (18/2). 

 

Dalam kesempatan ini Sugeng menjelaskan hal-hal yang perlu dilakukan dalam pengamanan listrik saat terjadi banjir. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan aliran listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) di kWh Meter. Selanjutnya cabut seluruh peralatan listrik yang masih menempel pada stop kontak atau sumber listrik. Amankan seluruh alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. 

 

PLN akan melakukan pemadaman saat banjir terjadi. Apabila terjadi banjir dan listrik belum dipadamkan oleh PLN, segera laporkan melalui aplikasi New PLN Mobile atau langsung hubungi Contact Centre PLN 123.

 

PLN melakukan pengamanan listrik dan akan menyalakan kembali aliran listrik ketika banjir sudah surut dan lokasi terdampak siap dan aman dialiri listrik.

 

Selain itu Sugeng mengingatkan beberapa hal yang perlu dilakukan saat berada diluar ruangan atau rumah. Saat hujan turun hindari berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang, gardu, panel PJU dan lainnya. Bila akan melewati genangan banjir, gunakan sepatu boots yang kedap air agar terhindar dari risiko bahaya seperti bakteri, pecahan kaca, paku dan tegangan listrik bocor. Dalam kondisi basah, gunakan pelindung tangan atau sarung tangan karet bila ingin menyentuh instalasi kelistrikan. 

 

“Meskipun terjadi banjir saya mengingatkan agar masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan,” pungkasnya. (abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *