Cegah Penyebaran Covid-19, RSDI Sementara Waktu Tidak Terima Pasien Non Covid-19

Waktu Baca : 2 menit
MEMBELUDAK – Pasien Covid-19 di RSDI Banjarbaru, membeludak. Untuk sementara pasien non Covid-19, dialihkan ke RS lain di Kota Banjarbaru.

Banjarbaruklik – Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Banjarbaru mengeluarkan pengumuman, Sabtu (4/7) pagi. Isinya sementara waktu tidak menerima pasien non Covid-19, sampai ada pengumuman berikutnya.

Berdasarkan informasi, pengumuman ini dikeluarkan karena RSDI Banjarbaru, karena banyak melayani Pasien Positif Covid-19 dan banyak ruangan yang terisi.

Read More

Kepala Seksi Pelayanan Medik RSDI Banjarbaru, dr Hj  Siti Ningsih membenarkan hal tersebut.

“Bagi pasien non Covid-19 yang mengalami kondisi gawat darurat,  diharapkan mengakses rumah sakit sekitar di Banjarbaru. Kami telah berkoordinasi dengan pihak RS Syifa Medika dan RS Mawar,” ujarnya kepada Banjarbaruklik, Sabtu (4/7) siang.

Dia menerangkan, tidak menerima pasien non Covid-19 dikarenakan IGD RSDI sedang banyak terisi pasien Covid-19. Oleh sebab itu, demi keamanan pasien lain, sementara waktu tidak menerima pasien non Covid-19.

“Alasannya karena pasien Covid-19 menumpuk di IGD, belum bisa masuk ke ruangan isolasi karena sedang full. Isolasi Covid-19 di IGD hanya bisa 4 bed tapi sampai 10.30 WITA. Saat ini ada 7 pasien Covid-19 dan rencana datang 1 lagi PDP penurunan kesadaran. Jadi terpaksa pasien Covid-19 ditempatkan di bed non Covid-19,” jelasnya.

Ditegaskannya, hal tersebut dilakukan demi antisipasi. Apabila tetap menerima pasien non Covid-19, dikhawatirkan berdampak kepada pasien dan petugas.

“Jika pasien non Covid-19 tetap kami terima, maka kasihan pasien akan terpapar. Juga kasihan petugas medis, susah membedakan zona hijau dan merah,” tambahnya.

Diakuinya, hal ini dilakukan sementara sembari mengurai penumpukan pada IGD. Pihaknya mengusahakan selambat-lambatnya Minggu (5/7) besok, aktivitas rumah sakit sudah kembali normal.

“Pengumuman ini bersifat sementara sambil kami mengurai kemacetan di IGD. jika sudah memungkinkan maka layanan akan kembali normal. Mudahan malam ini atau selambat-lambatnya besok sudah bisa normal. Kami akan umumkan jika sudah kembali normal,” pungkasnya.(adl/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *