Cegah Penyebaran Covid-19, 64 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Banjarbaru Terima Asimilasi

Cegah Penyebaran Covid-19, 64 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Banjarbaru Terima Asimilasi
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru membebaskan warga binaan dalam rangka asimilasi di rumah. Dari bulan Januari hingga April 2021 telah membebaskan sebanyak 64 narapidana.

Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang melalui Kasubsi RegBimkemas, Yusuf Arifandi mengatakan, pemberian asimilasi tertuang dalam peraturan Menteri Hukum dan HAM no 32 tahun 2020.

Read More

Dimana peraturan tersebut berisi tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

 

Cegah Penyebaran Covid-19, 64 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Banjarbaru Terima Asimilasi

“Jadi kita telah membebaskan sebanyak 64 warga binaan yang telah memenuhi syarat untuk pelaksanaan asimilasi di rumah. Pada bulan Januari ada 16 orang, Februari 14 orang, Maret dengan dua kali pengeluaran yakni 18 orang kemudian 12 orang dan April 4 orang,” jelas Yusuf.

Yusuf mengungkapkan bahwa asimilasi merupakan langkah tepat agar tidak terjadi penularan Covid-19 di dalam lapas. Mengingat lapas sangat rentan terjadinya penularan.

“Maka dari itu kita berikan asimilasi kepada narapidana yang telah menjalani dua pertiga dari masa pidana sebelum tanggal 30 Juni 2021 dan bukan merupakan tindak pidana khusus, seperti narkoba di atas lima tahun, korupsi, teroris dan lainnya,” tambahnya.

Ia berharap kepada para warga binaan yang telah mendapatkan asimilasi di rumah agar tidak berkeliaran dan mematuhi protokol kesehatan. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *