Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi: Ini 9 Solusi Ampuh!

Senyawa dalam bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol.(Foto : health.grid.id)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Kolesterol tinggi adalah kondisi serius yang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk dan membentuk plak di dinding arteri, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti stroke, diabetes, dan serangan jantung.

Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik (high-density lipoprotein atau HDL) dan kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL).

Read More

Untuk mengurangi kolesterol tinggi dan mencegah komplikasinya, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan, termasuk mengonsumsi bahan-bahan alami berikut ini:

1. Jahe

Jahe kaya akan senyawa bioaktif yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi sepotong kecil jahe secara teratur dapat mencegah berbagai penyakit dan infeksi.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun secara teratur juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

3. Daun Salam

Daun salam atau bayleaf bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol. Tanaman ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung secara umum.

4. Bawang Putih

Bawang putih, yang telah digunakan sebagai obat dan bahan masakan selama ribuan tahun, memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

5. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, zat aktif yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Menambahkan satu sendok teh kunyit ke dalam teh atau susu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dengan mengurangi peradangan dan mencegah oksidasi kolesterol.

6. Biji-Bijian

Biji-bijian seperti biji labu, bunga matahari, wijen, dan chia seed kaya akan lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3. Selain itu, biji-bijian juga mengandung serat yang baik untuk menurunkan kolesterol.

7. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat mengontrol kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat bisa menurunkan kolesterol total, LDL, dan trigliserida.

8. Kacang-Kacangan

Pola makan yang terdiri dari kacang-kacangan dapat menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Jenis kacang yang bermanfaat termasuk kacang mete, kenari, pistachio, almond, dan kacang tanah. Sebaiknya konsumsi kacang-kacangan ini tanpa tambahan gula, garam, atau lemak.

Dengan memasukkan bahan-bahan alami ini dalam pola makan sehari-hari, kita dapat secara efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *