Capaian Sukses Balai Bahasa Kalsel dalam Realisasi Target 2023

Taklimat Media Pelaksanaan Program dan Anggaran Balai Bahasa Kalsel Tahun 2023. (Foto : Ahdalena/Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Sejumlah perwakilan media di Kota Banjarbaru menghadiri Taklimat Media yang dilaksanakan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Ruang Rapat Papadaan Lantai II Gedung Balai Bahasa Kalsel, Rabu (27/12/2023).

Balai Bahasa Kalsel pada tahun 2023 secara umum telah berhasil merealisasikan target kinerja yang ditetapkan dalam perjanjian kinerja.

Read More

Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, Armiati Rasyid menyampaikan bahwa ada tiga program prioritas yang telah dilakukan Balai Bahasa Kalsel.

Pertama, Literasi Kebahasaan dan Kesastraan melalui kegiatan Penyediaan bahan bacaan untuk jenjang PAUD dan SD untuk Gerakan Literasi Nasional, Penyediaan video pembelajaran literasi-numerasi dan buku digital, Pengembangan produk pembakuan dan kodifikasi bahasa Indonesia (perkamusan dan peristilahan), Pembinaan bahasa di 45 lembaga pemerintah dan nonpemerintah, serta Perluasan UKBI Adaptif Merdeka.

Kedua, Pelindungan Bahasa dan Sastra dengan kegiatan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah Berbasis Sekolah dan Komunitas Tutur, Gerakan Sestrawan Daerah Menulis Karya dalam Bahase Daerah, Pemberdayaan Komunitas Pegiat Bahasa dan Sastra Daerah.

Lalu yang ketiga, Internasionalisasi Bahasa Indonesia dengan kegiatan Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asin dan Penerjemahan.
“Ketiga program prioritas tersebut dilaksanakan dengan nilai dasar pelaksanaan program, yaitu fokus, berkelanjutan, dan kolaborasi,” ujarnya kepada awak media.

Armiati Rasyid juga menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kinerja guna membentuk lembaga yang bermartabat dan bermanfaat secara berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya di Kalsel.

“Untuk mewujudkan lembaga bermartabat dan bermanfaat dibutuhkan kolaborasi dengan banyak pihak dan terus melakukan percepatan dengan berfokus pada penyelenggaraan program prioritas yang dapat melahirkan pemanfaatan secara masif di masyarakat,” katanya.

Secara keseluruhan, dari pagu anggaran kurang lebih Rp 8,6 miliar Balai Bahasa Kalsel per tanggal 27 Desember 2023 sudah merealisasikan Rp 8,3 miliar atau 96,5 persen.

“Ini masih ada waktu berjalan hingga 29 Desember 2023 kami optimistis akan merealisasikan sesuai target kami yakni 98 persen,” ungkapnya.

Terlihat dari data yang ditampilkan dan paparkan oleh Balai Bahasa Kalsel, hampir seluruh sasaran kegiatan direalisasikan melampaui target.

Salah satunya, target jumlah penutur bahasa yang terbuna melalui program literasi kebahasaan dan kesastraan sebanyak 1.050 dan melampaui target sebanyak 2.096.

“Juga jadi salah satu contoh, Satuan Kerja dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) ditargetkan mendapat nilai BB. Tapi, kita mendapatkan nilai A dengan nilai 85.05,” tuntasnya.

Reporter : Ahdalena
Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *