Benarkah Nasi 0 Kalori Ampuh Menurunkan Berat Badan? Ini Kata Dokter Gizi

Ilustrasi nasi putih.(Foto:suara.com)
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Ada beragam produk diet yang di pasaran. Salah satunya nasi 0 kalori, yang dinilai mampu memberikan efek kenyang. Tapi memang efektif menurunkan berat badan?

Dokter Spesialis Gizi Klinik Eka Hospital Bekasi, dr. I Yuwanda Chrissander, Sp.GK menjelaskan nasi 0 kalori untuk menurunkan berat badan yang beredar di pasaran yaitu nasi shirataki, tidak bisa memberikan efek yang sama untuk setiap orang.

Read More

“Tidak (cocok untuk semua orang) karena perlu dilakukan telaah lebih jauh oleh ahli dan disesuaikan kondisi kasus per kasusnya,” ujar dr. I Yuwanda melalui keterangan yang diterima suara.com, Rabu (29/11/2023).

Ia juga menambahkan, nilai kalori dan karbohidrat yang rendah pada shirataki membuat menu ini cocok pada program diet umum yang ditujukan untuk menurunkan berat badan seperti orang kelebihan berat badan, maupun menurunkan dan menjaga kadar gula darah seperti pasien diabetes.

“Tapi jika tujuan diet Anda adalah untuk meningkatkan massa otot atau menaikan berat badan, maka shirataki mungkin juga tidak apa-apa untuk dikonsumsi, akan tetapi mungkin bukanlah pilihan yang tepat dalam mencapai tujuan tersebut,” paparnya sambungnya seperti dilansir dari suara.com.

dr. I Yuwanda mengatakan setidaknya dua orang dengan kondisi berikut ini yang lebih disarankan mengonsumsi nasi 0 kalori:

1. Orang dengan diabetes atau berisiko untuk mengalami diabetes

Nilai karbohidrat yang rendah serta kandungan glukomanan yang ada di dalam nasi shirataki membuat makan ini cocok untuk dikonsumsi oleh pengidap maupun orang yang berisiko untuk mengalami diabetes.

2. Orang yang memiliki berat badan berlebih

Nasi shirataki memiliki nilai kalori yang sangat rendah sehingga cocok digunakan untuk menurunkan berat badan.

Selain itu nasi shirataki juga memiliki kandungan serat yang berguna dalam membantu menurunkan berat badan karena serat dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang lebih lama, dengan itu makanan yang dikonsumsi juga akan semakin menurun.

Sementara itu meski dipastikan dr. I Yuwanda nasi Shirataki atau nasi 0 kalori tidak cocok untuk semua orang. Tapi ada manfaat yang bisa dirasakan bagi yang mengonsumsinya, antara lain sebagai berikut:Membantu menjaga berat badan, karena memiliki nilai kalori yang sangat rendah bahkan nyaris mencapai nol.

– Baik untuk menjaga kadar gula darah, shirataki memiliki kandungan karbohidrat yang terbilang cukup rendah sehingga cocok untuk menjaga maupun menurunkan kadar gula darah.Menjaga kesehatan usus, shirataki juga memiliki kandungan serat yang berguna untuk menjaga kesehatan usus.

Terakhir dr. I Yuwanda menjelaskan jumlah konsumsi harian setiap orang berbeda-beda. Namun kata dia, secara umum manusia membutuhkan sekitar 2.000 hingga 2.500 kalori per harinya untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kalori adalah jumlah energi yang bisa didapatkan melalui makanan dan minuman. Kalori juga bisa disebut sebagai jumlah energi yang dibakar dan dibutuhkan oleh tubuh pada saat beraktivitas sehari-hari.

“Tubuh kita setiap harinya membutuhkan kalori untuk bisa mendapatkan energi dalam beraktivitas, namun terkadang kita bisa kekurangan dan juga kelebihan kalori akibat dari pola makan yang buruk, dan ini yang bisa menjadi masalah kesehatan di masa depan,” pungkas dr. I Yuwanda.

Reporter : Ahdalena
Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *