Begini Cara Efektif Agar Anak Tak Terjerumus Pergaulan Buruk

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Kasus kekerasan dan kenakalan pada remaja belakangan ini, membuat orangtua merasa was-was. Mereka khawatir jika anaknya juga ikut terjerumus dalam pergaulan yang buruk. Maka dari itu, perlu untuk mencari cara efektif agar anak tak terjerumus pergaulan buruk.

Bagi kalian para orang tua, ada beberapa cara efektif yang dapat orang tua terapkan agar anak terhindar dari berbagai macam kenakalan remaja yang dapat mengintai kapan saja. Melansir dari yoursay.suara.com, berikut ulasannya.

Read More

1. Jaga komunikasi dengan anak

Menjaga komunikasi dengan anak penting dilakukan untuk membangun hubungan lebih dekat dan orang tua dapat memahami perasaan sang anak secara langsung. Walaupun, kedua orang tua sibuk, tetap luangkan waktu untuk mengobrol. Kalian bisa menggunakan waktu makan hingga menonton film bersama agar hubungan kalian dengan anak tetap baik dan berkualitas.

2. Menanamkan nilai-nilai yang baik

Menanamkan nilai-nilai yang baik kepada anak sejak dini merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Misalnya, mengajarkan kepada anak untuk saling menolong, memberikan pelajaran terkait sopan santun, hingga pendidikan seks yang juga sama pentingnya.

3. Melakukan seleksi pada bacaan dan tontonan anak

Perkembangan dunia digital yang pesat dapat juga menyesatkan anak. Anak-anak dan remaja kerap menonton tontonan yang tidak sesuai dengan usianya. Jadi, tidak ada salahnya menyeleksi bacaan dan tontonan anak. Orang tua juga dapat menuntun anak untuk mulai membaca serta menonton konten-konten yang sesuai dengan umur serta lebih berkualitas.

Cara ini memang terkesan sangat begitu protektif. Namun, tidak ada salahnya bila untuk kebaikan anak di masa depan.

4. Memberi tahu konsekuensi dari setiap hal yang dilakukan

Saat anak melakukan sebuah kesalahan maka sebaiknya jangan memberikan hukuman fisik ataupun bentakan. Beritahulah anak mengenai konsekuensi dari setiap perbuatan yang mereka lakukan. Berikan nasihat secara lembut dan biarkan mereka memperbaikinya secara perlahan.

Itulah, empat cara efektif yang dapat orang tua lakukan untuk menjaga anak dari berbagai macam kenakalan remaja yang ada. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *