Basarnas Banjarmasin dan RSD Idaman Banjarbaru Tandatangani Nota Kesepahaman Penanganan SAR

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Sebagai bentuk sinergisitas dalam penanganan search and rescue (SAR), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru pada Senin pagi.

Kepala Basarnas Banjarmasin, Al Amrad, mengungkapkan bahwa pihaknya sering menghadapi kendala dalam mobilisasi penanganan tindak lanjut ke rumah sakit selama proses evakuasi. “Kami di sini memiliki medis, tapi masih dalam bentuk pertolongan pertama. Jadi, kami memerlukan rumah sakit untuk tindak lanjut korban,” jelasnya.

Read More

Dengan adanya kerja sama ini, Amrad berharap dapat mengakomodasi kelanjutan penyelamatan korban lebih efektif dan efisien.

Direktur Umum RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr. Danny Indrawardana, menyambut baik sinergi ini dan menyatakan terima kasih atas kerja sama yang terjalin. “Ini menjadi tolok ukur agar semua kegiatan terutama find and rescue bisa berjalan maksimal,” ucapnya.

Dr. Danny juga menegaskan bahwa secara infrastruktur, RSD Idaman siap menjadi rumah sakit rujukan SAR. “Setelah ini akan ada pembahasan teknis. Kami akan sampaikan apa yang dimiliki dan dikembangkan, semoga bisa cocok dengan program Basarnas,” sebutnya.

Mengenai saran pembangunan helipad di RS Idaman, Dr. Danny menyatakan pihaknya memiliki masterplan untuk masa depan. “Jika dibutuhkan helipad, akan kami pertimbangkan. Ini ide yang menarik,” tambahnya.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan penanganan korban SAR dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat, sehingga meningkatkan peluang keselamatan dan pemulihan para korban.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *