Banjarbaru Siapkan Landasan Hukum Serius Hadapi Bangunan Liar

Bangunan liar di Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru. (Foto : Ahdalena/Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : < 1 menit

Banjarbaruklik – Rencana penertiban 90 bangunan liar dan warung jablay (warjab) di tepi Jalan Trikora, Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, semakin serius.

Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarbaru tengah menyusun regulasi melalui Peraturan Wali Kota (Perwali) untuk memperkuat landasan hukum penertiban.

Read More

Kepala Seksi (Kasi) Penataan Pengawasan Bangunan dan Reklame, Adi Irsyadi, menjelaskan bahwa Perwali tersebut akan menjadi acuan yang tegas dalam pelaksanaan tindakan penertiban, mencakup tidak hanya warung jablay dan bangunan liar tetapi juga objek lain sesuai dengan Perda tentang Bangunan Gedung.

“Perwali ini juga merinci teknis tata cara, langkah, serta SKPD yang terlibat dalam penindakan pelanggaran Perda, sambil menunggu hasil pemrosesan dan koreksi oleh Bagian Hukum,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Opsdal Satpol-PP Kota Banjarbaru, Yanto Hidayat, menambahkan bahwa Perwali akan memberikan landasan hukum yang jelas bagi penindakan terhadap 90 bangunan liar, dengan semua teknis pelaksanaannya telah diatur dalam tupoksi setiap SKPD yang terlibat.

“SP3 sudah habis maka tahapan SOP Satpol-PP selama 7,3,1 hari dijalankan,” pungkasnya.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *