Banjarbaru Selatan Minta SMP, Begini Tanggapan Disdik Banjarbaru

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Ketika melaksanakan reses masa sidang II di Kelurahan Sungai Besar, Anggota DPRD Kota Banjarbaru Nurkhalis Anshari menyerap berbagai macam aspirasi warga.

Salah satunya yakni permintaan pembangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Diketahui pada Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kelurahan Sungai Besar merupakan wilayah terbesar dan jumlah penduduk terbanyak.

Read More

“Permasalahan yang disampaikan warga terkait dengan belum adanya SMP di kelurahan mereka. Padahal Kelurahan Sungai Besar ini kelurahan yang paling besar di Kecamatan Banjarbaru Selatan,” ucapnya.

Pihaknya sudah pernah mengusulkan kepada Pemerintah Kota Banjarbaru sejak tahun 2019 agar di Kelurahan Sungai Besar di bangun SMP. Kabar terakhir yang ia dapat, Pemkot Banjarbaru sudah menyediakan lahan di 2020 untuk pembangunan SMP.

“Jumlah penduduknya banyak, wilayahnya besar, tapi belum ada SMP. Dengan sistem zonasi ini masyarakat terkendala untuk bisa menyekolahkan anaknya ketika lulus SD. Kebanyakan anak-anak sekolah malah melanjutkan pendidikannya ke Kabupaten tetangga karena tidak masuk sistem zonasi,” jelasnya.

Nurkhalis berharap di tahun 2023 sudah ada SMP pertama yang di bangun di Kelurahan Sungai Besar untuk menampung para pelajar SD yang ingin melanjutkan ke jenjang SMP.

Sementara itu, saat diwawancarai Banjarbaruklik.com, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Dedy Sutoyo SSTP MM membenarkan hal tersebut.

“Ya benar, di tahun 2020 sudah disiapkan lahan untuk pembangunan SMP. Lahannya seluas 1,4 hektar,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Dedsu ini mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan hal tersebut. Terlebih kini Banjarbaru sudah menjadi ibu kota provinsi, tentunya penambahan penduduk pasti akan terjadi.

“Lahan yang telah disediakan untuk pembangunan SMP berada di Jalan Aneka Tambang. Tahun ini kita sedang membahas penganggaran. Mudah-mudahan di tahun 2023 sudah bisa terbangun SMP yang baru,” pungkasnya. (Adl)

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.