Banjarbaru Raih Penghargaan Adipura ke-5 dari Menteri LHK

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin menerima penghargaan Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, di Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Diraihnya penghargaan Adipura ini merupakan keberhasilan Pemerintah Kota Banjarbaru dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan sepanjang tahun 2021-2022.

Read More

“Alhamdulillah, kami kembali mendapatkan penghargaan Adipura yang ke-5. Ini berkat dukungan dan partisipasi dari masyarakat Kota Banjarbaru yang sangat menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya serta fasilitas-fasilitas publik yang ada di Banjarbaru,” ujar Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin.

Kata Aditya, Pemerintah Kota Banjarbaru terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat terkait perkotaan yang berwawasan lingkungan.

Tidak hanya itu, faktor penting yang diraihnya penghargaan Adipura ini yakni optimalnya pengelolaan sampah dan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berkesinambungan.

“Pemkot Banjarbaru terus berupaya merancang pengelolaan sampah yang efektif, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, efisiensi penggunaan sumber daya dan sebagai sumber ekonomi masyarakat. Termasuk juga pembangunan RTH di setiap wilayah di Banjarbaru yang rutin kami laksanakan setiap tahun,” tambahnya.

Selain Kota Banjarbaru yang mendapat penghargaan Adipura, ada 149 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia. Yang dimana terbagi dalam 4 kategori sesuai total populasi penduduk di masing-masing yakni Kota Kecil, Kota Sedang, Kota Besar dan Kota Metropolitan, sedangkan Kota Banjarbaru sendiri menyandang Adipura Kota Sedang.

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya berpesan, agar pemerintah daerah menciptakan pola kerja dan sistem pengelolaan sampah yang saling melengkapi dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial dan ekonomi.

“Penganugerahan Adipura kali ini dapat menciptakan kota-kota yang teduh dan berkelanjutan melalui penyediaan ruang terbuka hijau publik, yang posisinya sangat penting untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota, hidrologi maupun ekologis,” ungkapnya.

Dirinya juga berhasil agar pemerintah daerah dapat menciptakan kota yang sehat, nyaman, meningkatkan ketersediaan air dan udara bersih, serta dapat meningkatkan estetika kota.

“Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan bangga memberikan penghargaan Adipura kepada Kepala Daerah yang telah bekerja keras dan berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik,” tuntasnya.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *