Bandara Syamsudin Noor Antisipasi Coronavirus

Waktu Baca : 2 menit
ILUSTRASI – Pencegahan penyebaran Coronavirus

Banjarbaruklik – Menyikapi maraknya kasus Coronavirus yang yang sudah menyebar saat ini dan telah memakan puluhan korban jiwa. Direktur Operasi Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose langsung angkat bicara kepada Poros Kalimantan, Kamis (30/1) sore.

Dia mengatakan, dalam sepekan terakhir ini pihak Angkasa Pura I sudah banyak melakukan koordinasi, dengan berbagai pihak terkait.

Read More

“Kami sudah melakukan koordinasi kepada Menko Maritim, Dinas Perhubungan, Menteri Kesehatan dan terakhir kepada Kepala BNPB, Doni Munardo,” ungkapnya usai  Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD), di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

Menurutnya, terkait kondisi kehebohan Coronavirus ini, pihaknya sudah melakukan pelaporan dan pengawasan yang ketat. Menurutnya, ada tiga bandara yang memiliki rute penerbangan ke Cina. Yakni, Bandara di Surabaya, Bali dan Manado.

“Khusus untuk rute ke Wuhan ada dua, akan tetapi untuk sementara ini tidak dioperasikan. Dibeberapa Bandara untuk rute dari Cina juga tidak dioperasikan,” paparnya.

Pihaknya juga telah melakukan penanggulangan, dengan bekerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI (KKP). Dengan mengatur  parking stand jika ada penerbangan dari Cina.

BERIKAN KETERANGAN – Direktur Operasi Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose memberikan keterangan kepada Banjarbaruklik. Terkait penanggulangan Coronavirus di Bandara Syamsudin Noor. 

“Disitu akan dilakukan pembagian kartu kesehatan, nanti penumpang akan mengisi. Kita usulkan pengisian kartu kesehatannya diruangan terpisah,” ungkapnya.

Diterangkannya, untuk Bandara Internasional Syamsudin Noor, saat ini sudah memiliki alat Thermal Scanner. Sehinggaterpantau, jika ada penumpang  yang memiliki suhu tubuh diatas 38 derajat Celsius, itu akan cenderung dicurigai. Selanjutnya akan dibawa ke ruang isolasi, untuk dilakukan verifikasi.

Jika memang hasil dari pemeriksaan oleh petugas KKP orang tersebut terindikasi virus corona, akan langsung dibawa ke Klinik yang ada di Bandara. Tindakan selanjutnya, terangnya akan dirujuk ke Rumah sakit yang bekerjasama dengan KKP.

“Insha Allah dengan pengawasan dan penanganan yang baik. Agar semua Bandara di Indonesia terhindar dengan ancaman Coronavirus. Serta koordinasi dengan instansi terkait lainnya, guna   penanganan Coronavirus ini sejak dini di wilayah Bandara,”tutupnya.(ari/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.