Bagian Administrasi Pembangunan Balangan gelar Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan

Bagian Administrasi Pembangunan Setda Balangan saat menggelar rapat pengendalian operasional kegiatan di Balangan.(Foto MC Balangan for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menggelar rapat pengendalian operasional kegiatan guna menindaklanjuti arahan dari kepala daerah dalam meningkatkan monitoring hingga pelaksanaan pembangunan.

“Rapat pengendalian operasional kegiatan ini kita laksanakan guna menindaklanjuti arahan dari kepala daerah untuk meningkatkan monitoring, evaluasi dan pengendalian pelaksanaan pembangunan di Balangan,” kata Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Balangan Taufiqurrahman di Paringin, Selasa (11/6/2024).

Read More

Taufiq menuturkan rapat tersebut menghasilkan beberapa catatan penting, di antaranya adalah pelaksana kegiatan secepatnya menyampaikan dokumen ke Inspektorat untuk direview kembali.

Kemudian lebih awal melakukan penginputan dokumen persyaratan pada Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (OM SPAN), serta memanfaatkan waktu yang tersisa semaksimal mungkin agar pembangunan terlaksana dan penyaluran DAK fisik dapat terealisasi.

Menurut Taufiq, DAK fisik merupakan dana yang bersumber dari APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Taufiq menyebutkan pada tahun 2024 Kabupaten Balangan mendapat DAK Fisik sebesar Rp36,59 miliar, dana ini menjadi salah satu instrumen penting dalam mendanai pembangunan infrastruktur.

Adapun target output DAK fisik tahun 2024 di Kabupaten Balangan antara lain pada bidang pendidikan membangun dan merehabilitasi 14 sekolah dasar, sembilan sekolah menengah pertama dan lima pendidikan anak usia dini.

Sementara pada bidang kesehatan dan keluarga berencana antara lain pemasangan pembangkit listrik tenaga surya, air bersih dan instalasi pengolahan limbah di Puskesmas, pengadaan satu unit mobil Pusling roda empat, 30 unit kendaraan Pusling roda dua dan rehab serta kelengkapan balai penyuluhan KB di delapan kecamatan.

Pada bidang jalan yaitu penanganan long segmen berupa pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, peningkatan atau rekonstruksi jalan Lok Panginangan-Jimamun Kecamatan Lampihong.

Untuk bidang air minum dilaksanakan uprating intalasi pengolahan air (IPA) dan penambahan sumur dalam terlindungi atau broncaptering di 11 desa dengan swakelola.

Terakhir pada bidang sanitasi berupa pembangunan tangki septik skala individual pada delapan desa dan pengadaan satu unit truk tinja.

Diketahui acara tersebut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tuhalus, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Taufiqurrahman, Kepala KPPN Tanjung selaku narasumber, seluruh pejabat dan pelaksana teknis kegiatan DAK fisik, tim pengendalian dari Bagian Administrasi Pembangunan, Inspektorat, Badan Keuangan dan Bapperida.

Reporter : Ahdalena/ MC Balangan

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *